PERKEMBANGAN IOT PADA SMART HOME DI INDONESIA


Internet of Things atau yang sering disebut IoT merupakan suatu konsep penanaman teknologi baik berupa sensor ataupun software pada suatu objek benda dengan tujuan agar objek dapat dikendalikan dan dijadikan sarana komunikasi serta pertukaran data dengan perangkat digital yang ada saat terhubung ke jaringan Internet.

Konsep dari IoT sendiri telah ada sejak tahun 1999. Dikarenakan konsepnya yang serupa, IoT seringkali disebut Machine-to-Machine dimana segala perangkat yang terhubung akan dianggap sebagai smart devices. Sebagaimana tujuan dari suatu teknologi dikembangkan, IoT diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan keseharian manusia.


Namun, tahukah kamu? IoT sendiri terdiri dari berbagai unsur lho. Bukan hanya memerlukan perangkat pintar, namun juga memerlukan unsur-unsur pendukung, yaitu artificial intelligence, sensor, dan konektivitas. Penerapan artificial intelligence dapat terlihat pada machine learning coding yang diterapkan pada objek untuk tujuan proses pengumpulan data, perancangan algoritma, dan pemasangan jaringan. Lalu, penggunaan sensor untuk mengubah objek pasif menjadi aktif dan bersifat terintegrasi. Selain itu, adapun konektivitas yang merupakan penjembatanan jaringan yang digunakan juga untuk pembuatan jaringan baru.

Karena kelebihan yang ditawarkan, IoT telah diterapkan ke dalam berbagai bidang meliputi pertanian, kesehatan, transportasi, otomatisasi rumah, dan lingkungan. Dengan beragamnya fitur yang ditawarkan, tidak heran IoT telah berkembang pesat di Indonesia. Salah satu perkembangan yang paling pesat adalah di bidang Smart Home. Konsep Smart Home tidak lain adalah pengaplikasian perabotan di rumah yang nantinya akan dapat terhubung dalam suatu jaringan berbasis internet. Contoh objek Smart Home yang sudah banyak digunakan masyarakat adalah Saklar Pintar, Smart Door Lock, Smart Infrared Sensor, dan masih banyak lagi.

Atas perkembangan IoT di bidang Smart Home yang semakin meluas, tentu ada respon reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah munculnya perusahaan maupun sektor pengembangan IoT di bidang Smart home sebagai berikut:

Bardi Smart Home System
Nah temen temen siapa yang gatau perusahaan smart home system satu ini, Perusahaan smart home asal Indonesia ini mendominasi pasar teknologi khususnya di bagian smarthome. Bardi merupakan salah satu perusahaan smart home yang sedang terkenal dan ramai di bincangkan dengan orang. Bagaimana tidak Bardi muncul dengan mendongkrak pasar smart home di Indonesia. Jika kita pikirkan bahwa membuat smart home itu biaya sangat mahal dengan adanya BARDI membuat segmen smarthome di Indonesia dapat dirasakan oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia. Bardi mengusung teknologi IoT seperti yang sudah dijelaskan di paragraf atas dan menggabungkannya dengan Smart Home sehingga tercipta IoT Smart Home. Untuk menggunakan produk dari Bardi Pun tidaklah sulit kita hanya perlu menggunakan Smart device kita untuk mengaksesnya bisa lewat sentuhan bahkan suara kita itu semua berkat teknologi IoT Smart Home yang di sematkan pada setiap produk Bardi.

2. Xiaomi Indonesia

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan asal cina yang bergerak di bidang teknologi. Tetapi jika kita lihat perkembangan saat ini di Indonesia bahwa Xiaomi Indonesia sudah masuk ke dalam bidang Smart Home ini bisa dilihat dari beberapa produk yang dikeluarkan oleh Xiaomi Indonesia mengarah ke smart home teknologi.

Berikut adalah beberapa produk yang dikeluarkan oleh Xiaomi Indonesia yaitu:
  • Xiaomi Mi Home Security Camera
  • Xiaomi Yeelight WiFi LED Bulb
  • Xiaomi Mi Air Purifier Pro
Dengan begitu ini menambah perusahaan yang bergerak di Bidang teknologi smart home hampir sama dengan Bardi bahwa Segala produk yang dibuat atau diproduksi oleh Xiaomi Indonesia dapat dikendalikan oleh smart device kita masing masing. Maka diharapkan dengan adanya produk smart home dari Xiaomi Indonesia menambah lagi segmen pasar smart home di Indonesia dan dapat menjangkau di segala golongan masyarakat Indonesia.

Dari penjelasan diatas kita bisa melihat bahwa perkembangan IoT di Indonesia sangatlah bagus dilihat dari berbagai brand berlomba lomba untuk menghadirkan segmen dari teknologi IoT pada smart home. Kita berharap bahwa teknologi IoT pada smart home ini akan berkembang terus dan dapat menjangkau seluruh daerah di Indonesia tidak hanya pada wilayah perkotaan saja. Dengan begitu Industri 4.0 khususnya IoT dapat terwujud secara menyeluruh setiap kota dan di segala aspek kehidupan.


Sumber: https://student-activity.binus.ac.id/himti/2022/04/16/perkembangan-iot-pada-smart-home-di-indonesia/

Posting Komentar

0 Komentar