Telkomsel Gunakan Sistem Operasional Robotik untuk Layanan Digital

 


Telkomsel memperluas penerapan otomatisasi melalui sistem operasional robotik atau robotic process automation (RPA) di tahun ini. Perluasan ini dilakukan dalam rangka memperkuat kapabilitas sebagai perusahaan telekomunikasi digital.

Direktur IT Telkomsel Bharat Alva mengatakan, penerapan teknologi terkini maupun pengembangan sumber daya manusia dengan mengimplementasikan transformasi digital yang berkelanjutan di berbagai sektor. Misalnya dalam Opportunity Assessment (OA) atau kegiatan untuk menemukan potensi proses operasional yang dapat diotomatisasi.

“Penerapan tersebut kini telah terbukti meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas dalam melahirkan solusi digital inovatif yang customer-centric untuk #BukaSemuaPeluang bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” kata Alva dalam keterangannya, Sabtu (16/4).

Telkomsel juga menargetkan pada tahun ini setidaknya merilis lebih dari 100 bot. Di mana seluruh proses operasional yang lolos tahap OA selanjutnya akan masuk tahap Bot Delivery & Technology Implementation atau eksekusi pengembangan sistem robotik.

Sistem Operasional Robotik untuk Layanan Digital

Hingga akhir 2021 lalu, Telkomsel berhasil melakukan OA terhadap lebih dari setengah dari total departemen yang ada, dan secara konsisten memproduksi bot dengan tingkat utilisasi tinggi setiap bulannya. Termasuk mengimplementasikan teknologi baru berupa conversational artificial intelligence (AI) dan machine learning.

“Pada 2022 ini, Telkomsel berkomitmen untuk kembali melanjutkan rangkaian kegiatan RPA sebagai upaya mengakselerasikan otomatisasi proses operasional yang semakin terstruktur dan menyeluruh di perusahaan,” jelasnya.

Alva mengatakan, Telkomsel juga konsisten melakukan rangkaian kegiatan pengembangan yang bertujuan meningkatkan kapabilitas karyawan dalam mengimplementasikan sistem RPA. Misalnya menggelar program Automation Bootcamp, dengan mengajak karyawan untuk mempelajari pengembangan suatu sistem robotik dari sudut pandang teknis operasional maupun bisnis.

Untuk memperkuat ekosistem digital, Telkomsel juga membentuk anak usaha bernama PT Telkomsel Ekosistem Digital. Entitas ini menjadi holding yang menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal di bidang sektor digital.

Akselerasi penerapan sistem robotik ada operasional Telkomsel juga telah dirasakan di beberapa unit kerja, seperti di Finance dan Procurement untuk mendukung proses Procure-to-Pay sebagai satu kesatuan skema value chain.


Sumber: https://gizmologi.id/news/telco/telkomsel-sistem-operasional-robotik/

Posting Komentar

0 Komentar