UMB Latih Petani Melek Android


Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) secara langsung dengan para petani berupa pelatihan penggunaan aplikasi berbasis Android dan Web dengan dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Sarana Meningkatkan Pemasaran dan Pengendalian Hama Penyakit Tanaman”.

Program ini terselenggara atas Kerjasama antara Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana dan Kecamatan Ciawi Bogor. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan wujud implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Implementasi dari Kerjasama Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan antara Universitas Mercu Buana yang diwakili Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Bapak Yaya Sudaya Triana, M.Kom, Ph.D dengan Kecamatan Ciawi yang diwakili oleh Camat Ciawi, Bapak Drs. Sutisna.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (12/3/2022) di Café Cantiloka Ciawi dengan peserta pelatihan yaitu 40 orang Petani dari Desa Cileungsi, Desa Jambu Luwuk, Desa Bojong Murni dan Desa Banjarsari. Kegiatan dihadiri Camat Ciawi, Kepala UPT Pertanian Ciawi, Kepala Desa Cileungsi, Kepala Program Studi Sistem Informasi, dosen, dan mahasiswa.

Pada kesempatan ini Ratna Mutu Manikam selaku Kepala Program Studi Sistem Informasi Universitas Mercu Buana mengatakan “Pentingnya teknologi informasi untuk diterapkan di bidang pertanian baik dalam pemasaran hasil pertanian maupun dalam budidaya tani dan penanganan hama penyakit”. “Kami berharap kegiatan ini merupakan tahap awal untuk kegiatan yang berkesinambungan dan harmonis antara akademisi dengan masyarakat”.

Camat Ciawi Sutisna menyatakan “Saya berharap semua peserta bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan agar dapat dipraktekkan ilmu yang diberikan dan menjadi bekal penerapan dalam budidaya pertanian dilapangan dan diharapkan program dapat berkelanjutan”.

Narasumber Program Pengabdian Masyarakat Fajar Masya mengajarkan pentingnya aplikasi MyAgri untuk budidaya dan hama penyakit tanaman sayuran berbasis Android. Narasumber selanjutnya Dwi Anindyani menjelaskan Pemanfaatan Website dengan WordPress Android. Narasumber Adi Hartanto menjelaskan tentang Peningkatan daya saing petani dengan pemanfaatan E-Commerce. Narasumber Nur Ismawati menjelaskan Pemanfaatan Forum Petani Menggunakan Website WordPress Android. Narasumber Sukma Wardhana mengajarkan Penggunaan aplikasi toko online dalam meningkatkan penjualan, Narasumber Lydia Vintari menjelaskan Penggunaan Aplikasi Tani Hub untuk mendukung dan menyalurkan hasil pertanian. (Mry)

Sumber: wartatani.co/10439/headline/umb-latih-petani-melek-android/

Posting Komentar

0 Komentar