Gandeng Telkom, Rektor: Saatnya USM Jadi Smart Campus


 Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari MT bertekad menjadikan kampus USM di Jln Soekarno-Hatta Tlogosari Semarang sebagai Smart Campus.

Hal itu disampaikan Dr Supari MT saat kunjungan ke PT Telkom Jakarta bersama Pembina Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU didampingi Ketua UPT Komputer USM, Saiful Hadi MKom pada (19/5).

Kunjungan diterima oleh Chapter Leader Go To Market Simon Karo Karo bersama tim IoT Telkom Adelia dan Gladis.

”USM sudah saatnya menjadi Smart Campus, banyak sumber daya insani baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa yang akan mengimplementasikan Internet of Things (IoT) di kampus USM dan ke depan bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang untuk pengembangan Smart City,” ungkap Supari.

Menurutnya, USM juga sudah menerapkan IoT dan Green Campus di antaranya lampu di Gedung Menara USM Prof Dr Muladi SH menggunakan sensor gerak yaitu ketika ruangan tidak dipakai lampu akan mati secara otomatis dan baru nyala ketika ada gerakan.

Selain itu taman USM juga sumber listriknya menggunakan solar cell yang ramah lingkungan dan hemat energi.

”Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USM Prof Dr Ir Mudjiastuti Handajani MT bersama dosen elektro Andi Kurniawan MT dan Harmini MEng telah mengembankan Sistem Monitoring Dan Passanger Information System Bus Trans Semarang.

Dengan kunjungan ini nantinya akan dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara USM dan PT Telkom guna mengembangkan smart campus,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sebelumnya USM dan PT Telkom juga telah menggelar workshop IoT yang diikuti mahasiswa dan dosen dari Teknik Elektro, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika.

USM memiliki 17 program studi yang terdiri atas program diploma III manajemen perusahaan, adapun program sarjana terdiri atas manajemen, akuntansi, ilmu hukum, teknik elektro, teknik sipil, perencanaan wilayah dan kota, teknologi hasil pertanian, psikologi, sistem informasi, teknik informatika, ilmu komunikasi, dan pariwisata.

Adapun program pascasarjana terdiri atas magister manajemen, magister hukum, dan magister psikologi.

sumber : https://suarabaru.id/2022/05/20/gandeng-telkom-rektor-saatnya-usm-jadi-smart-campus/

Posting Komentar

0 Komentar