Kecerdasan Buatan sebagai Masa Depan Dunia

 Apa itu artificial intelligence? Artificial intelligence (AI) adalah suatu bentuk simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang diproses oleh mesin, terutama sistem komputer. Secara spesifik pengaplikasian dari AI meliputi expert systems, natural language processing, speech recognition dan machine vision.

Keberadaan kecerdasan buatan (AI) ini sendiri dapat memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas layaknya manusia. 

Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data.

Berikut adalah beberapa perbedaan kecerdasan buatan dengan kecerdasan alami:

Kelebihan kecerdasan buatan:

  • Lebih bersifat permanen
  • Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan
  • Dapat didokumentasi
  • Cara kerja lebih cepat
Kelebihan kecerdasan alami:

  • Kreatif
  • Memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung
  • Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sementara kecerdasan buatan sangat terbatas
Beberapa bahasa pemrograman komputer yang populer dalam pembuatan sebuah AI adalah bahasa Python, R dan java.

Pemrograman pada AI berfokus pada 3 kemampuan kognitif, yaitu kemampuan reasoning, learning dan self correction.

Reasoning processes

Aspek ini berfokus pada pemilihan algoritma yang tepat untuk mencapai hasil output yang diinginkan dengan tepat.

Learning processes


Aspek ini berfokus pada mengakuisisi data serta membuat aturan menganai cara mengolah data agar dapat dijadikan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan atau tindakan. Aturan tersebut yang biasa disebut dengan algoritma menyediakan computing devices dengan instruksi langkah demi langkah tentang bagaimana menyelesaikan tugas tertentu.

Self-correction processes


Aspek yang satu ini didesain untuk terus menyempurnakan algoritme dan memastikannya memberikan hasil yang seakurat mungkin.

Strong AI vs Weak AI

  • Weak AI atau yang biasa disebut dengan narrow AI adalah sebuah sistem AI yang dideasin dan dilatih untuk memenuhi suatu tugas tertentu. Contoh dari Narrow AI adalah robot pada industri dan virtual personal assistants seperti Apple Siri.
  • Strong AI atau bisa juga disebut dengan artificial general intelligence adalah pemrograman yang mampu menduplikasi kemampuan kognitif dari otak manusia. Secara teori, strong AI seharusnya dapat menyelesaikan Turing test dan Chinese room test
sumber : https://www.kompasiana.com/adnanbayufirdaus/62938994bb448674e0147442/kecerdasan-buatan-sebagai-masa-depan-dunia?page=2&page_images=1

Posting Komentar

0 Komentar