Kominfo-Indobot Tingkatkan Kualitas 1.360 SDM di Bidang Internet of Things (IoT)


 Program Digitalent Kominfo RI telah resmi dimulai. Grand Launching of The National Digital Talent Program pada hari Selasa, 17 Mei 2022 di Hotel Marriot Yogyakarta. Dihadiri oleh 400 orang peserta undangan yang berasal dari Perwakilan Delegasi G20, Mitra DTS 2022, dan Pejabat Internal di Kementerian Komunikasi. Kegiatan ini juga disiarkan langsung di 17 kanal yaitu, TVRI, Kompas TV, Jaringan Jawa Pos Group TV yang meliputi 12 TV Daerah, Vidio.com, MAXStream, dan Youtube DTS.

Grand Launching ini dibawakan oleh Ananda Omesh dan Hesti Purwadinata serta beberapa artis papan atas yang turut memeriahkan diantaranya Cita citata, Gilang Dirga, Tulus, Rizky febian, Weird Genius, dan masih banyak lagi.

Program yang diadakan oleh Digitalent Kominfo RI ini yaitu Digital Talent Scholarship (DTS). Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

Terdapat 8 academy yang disediakan oleh Kominfo sesuai minat, bakat dan jenjang pendidikan calon peserta DTS. Berikut daftarnya:

- Fresh Graduate Academy (FGA)

- Vocational School Graduate Academy (VSGA)

- Thematic Academy (TA)

- Professional Academy (PROA)

- Government Transformation Academy (GTA)

- Digital Entrepreneurship Academy (DEA)

- Digital Leadership Academy (DLA)

- Talent Scouting Academy (TSA)

Dalam rangka meningkatkan Kualitas SDM di Bidang Internet of Things, Kominfo bekerja sama dengan Indobot Academy membuka Beasiswa Pelatihan Internet of Things (IoT) gratis. Dari 2.766 pendaftar telah lolos seleksi 1.360 peserta dari berbagai daerah di Batch 2.

Pendaftaran telah dilakukan sejak tanggal 5 April hingga 8 Mei 2022. Lalu untuk tahapan seleksinya, calon peserta Digital Talent Scholarship terdiri dari 2 tahap yaitu seleksi administrasi dan substansi. Seleksi administrasi meliputi verifikasi surat pernyataan status pendidikan dan status pekerjaan. Sedangkan seleksi substansi berupa pre-test. Setelah proses seleksi dan verifikasi, peserta yang dinyatakan lolos bisa mengikuti pelatihan IoT Indobot Academy selama 36 pertemuan di bulan Mei hingga Agustus 2022.

Pada program DTS PROA Batch 2 ini, calon talenta IoT akan mengikuti pembelajaran intensif secara gratis melalui live session Zoom. Program ini tentunya menawarkan berbagai keuntungan bagi calon talenta IoT yang mengikutinya, seperti sertifikat, pengetahuan, dan skill sebagai bekal karir serta relasi.

Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan certificate of completion atas hasil ujian akhir berupa use case project IoT sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri Internet of Things. Tentunya program beasiswa kolaborasi Indobot Academy dan Digitalent KOMINFO ini dapat kamu ikuti secara gratis!

Harapan dari program ini adalah peserta memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan khususnya di bidang Internet of Things serta mempertahankan produktivitas.

sumber : https://retizen.republika.co.id/posts/139129/kominfo-indobot-tingkatkan-kualitas-1-360-sdm-di-bidang-internet-of-things-iot

Posting Komentar

0 Komentar