Manfaat Technology Transfer: Sebagai Bentuk Inovasi dan Pertumbuhan Demi Melakukan Pembangunan

 Seperti yang kita ketahui, inovasi dan pertumbuhan selalu identik antara satu sama lain, dimana itu pada akhirnya mengarah pada pembangunan. Sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa istilah "transfer atau alih teknologi" menunjukkan pergerakan pengetahuan dan  keterampilan, pengetahuan.

Seperti yang juga dijelaskan oleh sumber dari Situs Twi-Global, technology transfer atau alih teknologi adalah perpindahan data, desain, penemuan, bahan, perangkat lunak, pengetahuan teknis atau rahasia dagang dari satu organisasi ke organisasi lain atau dari satu tujuan ke tujuan lainnya.

Dalam lingkupnya, transfer atau alih teknologi dapat terjadi antara universitas, bisnis dan pemerintah, baik secara formal maupun informal, untuk berbagi keterampilan, pengetahuan, teknologi, metode manufaktur, dan banyak lagi hal yang lainnya. 

Benar, bentuk transfer pengetahuan ini membantu memastikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersedia bagi pengguna yang lebih luas yang kemudian dapat membantu mengembangkan atau memanfaatkannya.

Kebanyakan orang tidak menyadari betapa banyak produk dan kemajuan teknologi yang kita terima, dimana itu semua berasal dari laboratorium sebuah universitas dan federal, dan kemudian pada akhirnya mencapai pasar (market) sebagian besar melalui upaya transfer atau alih teknologi.

Trasnfer teknologi ini sangat membantu dalam pembangunan dunia tanpa kita sadari, dari penelitian yang dilakukan dari beberapa perusahaan,universitas, laboraturium dan juga lembaga lainnya yang membuat terobosan dan ide-ide baru yang akhirnya dapat menciptakan thechnology transfer tersebut. 

Contohnya dari penelitian yang dilakukan oleh beberapa laboratirum membawa pengaruh besar bagi pembangunan dunia seperti obat-obatan, peralatan medis yang dapat menyelamatkan nyawa manusia, solusi energi alternatif, perangkat keras dan lunak komputer, moda transportasi baru, teknologi blockchain, kecerdasan buatan, vaksin, robotika, keamanan siber, solusi lingkungan, inovasi pertanian, kedirgantaraan, dan banyak lagi lainnya.

Tanpa kita sadari hal-hal tersebut membawa solusi dan juga manfaat bagi dunia dan juga manusia dengan adanya technology transfer dan juga inovasi yang dilakukannya. 

Pembangunan yang berhasil ini dilakukan dengan penerapan Technology Trasnfer juga tanpa kita sadari memiliki dampak untuk beberapa lembaga penelitian, pemerintah, dan bisniis. 

Maka dari itu Technology Transfer yang berasal dari sebuah inovasi dan terbososan baru ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga kegunaan untuk segala bidang dan juga aspek dalam kehidupan contohnya untuk keperluan bisnis, dalam bidang pendidikan, pemerintah bahkan untuk kehidupan sehari-hari. .

Untuk poin pentingnya sendiri technology transfer ini sangat membantu mengembangkan kekayaan intelektual tahap awal menjadi alat untuk digunakan langsung oleh komunitas riset, atau menjadi basis untuk platform, produk, atau layanan baru yang akan dibuat menjadi produk untuk penggunaan umum.

Dari semua hal itu, Technology Transfer ini akan membawa dunia menjadi jauh lebih baik dan menjadi pembangunan yang akan terus membawa pengaruh baik bagi manusia dan lingkungannya.

Dalam dunia Pendidikan, Techonolgy Transfer ini sangat bermanfaat. Beberapa negara maju juga memberikan pengetahuan dan juga ide baru untuk negara berkembang untuk diterapkan yang sebelumnya belum pernah diketahui atau dilaksanakan seperti yang dikenal sekarang dengan berbagai istilah yaitu e-learning, distance learning, online learning, web based learning, computer-based learning, dan virtual class room. 

Hal ini menjadi penting mengingat pemanfaatan Technology Tranfer merupakan salah satu faktor penting yang memungkinkan kecepatan transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik, generasi bangsa ini secara lebih luas. 

Selain itu, alih teknologi memastikan bahwa kepentingan dan hak universitas dalam kekayaan intelektual juga dilindungi. Investasi universitas dalam teknologi membantu merangsang pembangunan ekonomi lokal dan penerima manfaat utama dari technology transfer adalah masyarakat sebagai end user, yang diuntungkan baik dari produk yang mencapai pasar maupun pekerjaan yang dihasilkan dari pengembangan, pembuatan, dan penjualan produk.

Dalam dunia bisnis, Technology Transfer juga memberikan banyak dampak besar seperti cara memanfaatkan teknologi baru yang dapat meningkatkan produktivitas jauh lebih baik dari sebelumnya seperti memanfaat kan mesin - mesin dan juga teknologi berbasis aplikasi dan juga teknologi computer lainnya, memberikan juga ilmu pengetahuan bisnis baru dan juga cara megembangkannya melalui inovasi inovasi baru lagi seperti produk baru dan teknologi baru juga, dalam ekonomi juga teknologi transfer memiliki berperan penting dalam perdagangan dan pertumbuhan perekonomian nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

Transfer teknologi bekerja untuk melengkapi penelitian akademis dengan mendorong inovasi keluar dari pintu laboratorium dan ke tangan mitra industri yang akan mengembangkannya menjadi produk untuk kepentingan masyarakat umum.

Dalam pemerintahan, Technology Transfer bermanfaat untuk membangun pola struktur pemerintahan dan system pemerintahan menjadi lebih baik dengan hadirnya kerja sama dan juga hubungan denga negara-negara maju lainnya dan memberikan diskusi dan manfaat yang berguna untuk pemerintahan negara. 

Pemerintah juga semakin memperhatikan penelitian dan juga penemuan- penemuan baru dengan mendanai dan juga mewujudkan start-up baru dengan membantu menciptakannya.

Dalam kehidupan sehari- hari Techonology Transfer juga sangat bermanfaat dan membantu dengan berbagai kemudahan yang diberikan. Dengan semua kemudahan dan juga manfaat yang didapatkan dari inovasi Technology Transfer. 

Sesudah mengertahui manfaat Technology transfer bagi pembangunan, Maka perlu untuk diketahui bahwa technology transfer (alih teknologi) dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam instrumen sebagai berikut: 

  • Licensing (lisensi); Ini merupakan perjanjian antara pemilik teknologi (licensor atau pemberi Lisensi) dan penerima (licensee atau sang penerima Lisensi) yang memberikan hak untuk menggunakan teknologi yang dikembangkan atau dimiliki oleh individu atau perusahaan yang mengalihkan untuk jangka waktu tertentu dikenal sebagai lisensi.
  • Join Venture Agreement (perjanjian usaha bersama); Dalam macam metode ini, perusahaan melaksanakan perjanjian usaha patungan sehubungan dengan transfer teknologi untuk bisnis tertentu dengan visi untuk menggabungkan kerjasama jangka panjang antara para pihak, motivasi semua peserta dalam transfer yang sukses, dan untuk mengeluarkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan bekerja secara mandiri.
  • Franchising (waralaba); Ini adalah salah satu metode transfer teknologi yang paling disukai, khususnya di era serba digital sekarang ini, dimana perusahaan umumnya mentransfer pengetahuan teknis atau keterampilan yang terlibat di bawah jenis perjanjian ini.
  • Original Equipment Manufacturer (produsen peralatan asli); Ini adalah semacam perjanjian sub-kontrak di mana perusahaan asing mengalihkan sebagian teknologinya yang relevan dan perusahaan lokal memproduksi sesuai dengan spesifikasi dalam sebuah perjanjian. Adapun untuk kesepakatan tersebut, itu memungkinkan perusahaan dan perusahaan lokal untuk menyerap teknologi dan merestrukturisasi mekanisme produksi mereka.
  • Buy-Back Contracts (kontrak pembelian kembali); Metode technology transfer terakhir yang akan Kami jelaskan disini merupakan bentuk kesepakatan antara pemangku kepentingan dari negara berkembang dengan perusahaan luar (asing) besar, dimana perusahaan asing memasok peralatan industri dengan imbalan keuntungan yang diperoleh dari penjualan bahan baku atau barang yang dihasilkan. Perlu kalian ketahui bahwa alih teknologi semacam ini sering digunakan dalam pembangunan pabrik baru dan bisnis terkait lainnya.

Para ekonom telah lama menyadari bahwa transfer teknologi merupakan inti dari proses pertumbuhan ekonomi dan bahwa kemajuan baik negara maju maupun negara berkembang bergantung pada tingkat dan efisiensi transfer tersebut. 

Sekarang ini, khususnya di tahun 2022 sekarang, para ekonom juga menyadari (atau menemukan kembali) efek penting dari technology transfer (alih teknologi) internasional pada ukuran dan pola perdagangan dunia.

Jadi, Ingatlah jika Anda memiliki penemuan penelitian yang membantu memecahkan masalah yang signifikan. Jika idenya inovatif dan belum dipublikasikan serta menemukan sesuatu yang unik dengan potensi komersial atau nilai penelitian, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kantor transfer teknologi Anda, sebagai contoh kalian dapat mengkonsultasikannya dengan pihak ICT institusi kalian dan memberikan dampak positif untuk pembangunan dunia.

sumber : https://www.kompasiana.com/fionathedja3906/62936f37bb4486164a044564/manfaat-technology-transfer-sebagai-bentuk-inovasi-dan-pertumbuhan-demi-melakukan-pembangunan?page=3&page_images=1

Posting Komentar

0 Komentar