Microsoft Umumkan Pemenang Microsoft AI for Accessibility Hackathon (AI4A) di Asia Pasifik

 Media OutReach – Tiga tim dari Thailand, Singapura dan Filipina telah memenangkan Hackathon Microsoft AI for Accessibility (AI4A) di kawasan Asia-Pasifik. Di tahun ketiganya, AI4A Hackathon menampilkan tim-tim yang sangat berkomitmen untuk memecahkan tantangan dunia nyata yang dihadapi para penyandang disabilitas (PwD).

Hackathon berfungsi sebagai batu loncatan bagi pembuat dan pengembang untuk meluncurkan aplikasi mereka, dengan hadiah uang tunai, akses ke pakar teknis Microsoft untuk membangun solusi mereka di Microsoft Azure dan terus mendukung masalah untuk membangun solusi mereka.

Berdasarkan tantangan kehidupan nyata yang dihadapi penyandang disabilitas, 14 lembaga nonprofit berbagi konten tentang masalah yang digunakan 75 tim di AI4A Hackathon untuk membangun solusi inovatif seputar topik transportasi, perangkat yang dapat dikenakan, dan alat bahasa.

Team Asclepius dari Thailand, Team SWIFT Responders dari Singapura dan Team EIA dari Filipina telah menciptakan solusi untuk menjembatani kesenjangan yang dihadapi penyandang disabilitas, antara lain membangun sistem pendukung komunikasi dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) bagi penyandang tunarungu, sistem cerdas yang memungkinkan penyandang disabilitas untuk hidup mandiri, serta layanan perbankan bagi penyandang disabilitas bahkan tunanetra.

Selain pemenang tersebut, dua tim lain dari Indonesia (Arabic Braille Converter) dan Singapura (MeetMeHear) akan mendapatkan pembinaan dari Microsoft dan mitranya, termasuk akses ke arsitek cloud, memandu konsultan bisnis untuk mengembangkan solusi mereka, dari bukti konsep hingga aplikasi yang dihosting di Microsoft Azure.

“Kami terinspirasi oleh antusiasme peserta hackathon tahun ini untuk meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas dan mengucapkan selamat kepada para pemenang atas semangat mereka dalam mewujudkan solusi yang realistis. Mei akan menjadi waktu yang penting bagi kami untuk melihat kontribusi luar biasa yang dapat diberikan tim kepada penyandang disabilitas saat kami meluncurkan program peningkatan kesadaran, pelatihan, dan pendampingan yang menarik dengan klien, mitra, dan komunitas luas di seluruh wilayah kami,” ungkap Pratima Amonkar, Presiden D&I dan Aksesibilitas untuk Microsoft Asia Pasifik.

Dengan lebih dari 1 miliar penyandang disabilitas di seluruh dunia dan 650 juta di Asia, Microsoft percaya bahwa Aksesibilitas sangat penting untuk memenuhi misinya “memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini untuk mencapai lebih banyak”. Aksesibilitas adalah sarana yang memungkinkan penyandang disabilitas untuk berintegrasi.

Untuk menyoroti bagaimana teknologi dapat memanfaatkan solusi yang memberdayakan penyandang disabilitas dan menciptakan perubahan transformatif dalam komunitas di Asia Pasifik, Microsoft telah mendedikasikan Mei 2022 untuk Bulan Kesadaran Aksesibilitas, dengan serangkaian lokakarya, pelatihan, dan acara serta penghargaan dan perayaan pemenang AI Hackathon untuk Aksesibilitas.

Tim Asclepius dari Thailand

Untuk membantu penyandang tunarungu atau gangguan pendengaran, Tim Asclepius dari Thailand telah mengembangkan aplikasi sign-to-text yang menggunakan model pembelajaran mendalam AI untuk menangkap urutan prediksi gerakan dan postur tubuh, kata dan angka berdasarkan Bahasa Isyarat Amerika. Kelompok siswa sekolah menengah yang bersemangat ini memiliki rencana ambisius untuk memasukkan bahasa isyarat lain yang umum digunakan seperti Bahasa Isyarat Inggris dan Prancis dan meningkatkannya untuk aplikasi teknologi yang lebih luas seperti acara langsung di web.

Tim SWIFT Responders dari Singapura

Tim SWIFT Responders dari Singapura merancang solusi bertenaga AI yang mendukung kehidupan mandiri orang dewasa dengan distrofi otot menggunakan kursi roda bermotor untuk mobilitas. Mendukung sistem pintar Independence Fall Tracker (SWIFT) pengguna kursi roda yang telah mereka kembangkan memberikan bantuan langsung kepada pengguna kursi roda yang kehilangan keseimbangan dari posisi fungsionalnya. Ini menginspirasi kepercayaan pada pengguna kursi roda dan meyakinkan pengasuh mereka bahwa mereka dapat hidup mandiri dan berpartisipasi dalam kegiatan yang berarti karena keselamatan mereka selalu terjamin.

Tim EIA dari Filipina

Untuk membangun pengalaman perbankan yang lebih inklusif bagi tunanetra dan lansia, Tim EIA dari Filipina mengembangkan Accessibility and Vision Assistant (AVA), didukung oleh AI dan pembelajaran mesin, bertindak sebagai asisten keuangan cerdas dan dompet seluler untuk orang buta dan lanjut usia untuk membuat perbankan digital mudah diakses. Ini mendorong inklusi keuangan untuk kelompok orang ini dan memungkinkan mereka untuk mengakses pembayaran dan layanan perbankan dengan cepat dan aman.

Dua tim luar biasa lainnya telah memenangkan pelatihan dari Microsoft dan mitra untuk membawa proyek mereka ke dalam aplikasi yang dijalankan secara penuh yang dihosting di Microsoft Azure:

Arabic Braille Converter dari Indonesia: Mengonversi bahasa Arab terkenal, aplikasi yang dapat memindai dan mengonversi teks atau grafik Arab ke format braille bahasa Indonesia yang dapat dibaca oleh pembaca layar atau tampilan braille. Ini juga memiliki fungsi terjemahan terbalik dari huruf-huruf terkenal Arab ke teks Arab.
MeetMeHear (Singapura): Aplikasi yang membantu orang tuli dan tunarungu berkomunikasi lebih baik dengan orang lain dalam pertemuan fisik, melalui penggunaan AI untuk pengenalan ucapan untuk memberikan teks langsung yang lebih akurat.
Pernyataan organisasi nirlaba tentang masalah

Organisasi nirlaba (NPO) di seluruh wilayah berkontribusi pada hackathon melalui pernyataan masalah, berdasarkan pengalaman kehidupan nyata yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas. Beberapa laporan masalah bersama, termasuk:
– Bagaimana AI dapat menyediakan perangkat wearable yang membantu penyandang tunanetra menyeberang jalan secara mandiri dan aman'
– Bagaimana AI dapat menyediakan aksesibilitas ke alat penilaian pelamar online seperti penilaian bahasa, tes inferensi verbal, dan tes penalaran abstrak'
– Bagaimana kami dapat membuat teks tertutup secara otomatis untuk penggunaan offline guna membantu komunitas tunarungu dan gangguan pendengaran'

Organisasi nirlaba mewakili banyak organisasi yang berkomitmen untuk meningkatkan kehidupan penyandang disabilitas di Asia Pasifik.

sumber : https://riaugreen.com/view/MediaOutReach/71606/Microsoft-Umumkan-Pemenang-Microsoft-AI-for-Accessibility-Hackathon--AI4A--di-Asia-Pasifik.html#.YoNKxqhBxhE

Posting Komentar

0 Komentar