Peran Mahasiswa dalam Upaya Memperkuat Ketahanan Nasional Indonesia pada Bidang Kesehatan

 Peran Mahasiswa dalam Upaya Memperkuat Ketahanan Nasional Indonesia pada Bidang Kesehatan

Ketahanan Nasional merupakan kemampuan suatu negara untuk mempertahankan kedaulatan dan kesatuannya dalam menghadapi ancaman, hambatan, tantangan , dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar suatu bangsa, dan dapat berupa ancaman militer maupun non militer.

Mempertahankan ketahanan nasional bukan hanya kewajiban pemerintah beserta jajarannya saja, tetapi merupakan kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Khususnya mahasiswa sebagai generasi muda seharusnya dapat lebih memiliki peran dalam upaya ketahanan nasional. 

Dalam Undang-Undang No.3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Nasional  "Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara. Upaya pertahanan Nasional tidak hanya berfokus dalam bidang militer tetapi akhir-akhir ini banyak kasus pertahanan nasional pada bidang Kesehatan.

Isu Kesehatan dalam 2 tahun ini banyak berpengaruh dalam kehidupan kita. Semua akan takut terhadap dampak besar yang akan ditimbulkannya. 

Pandemi yang tidak kunjung selesai mengakibatkan kita harus beradaptasi dengan hidup berdampingan dengan wabah virus ini. Covid-19. Corona Virus Disease 2019 adalah virus menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis coronavirus. Penderita Virus ini dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas. Dengan gejala yang ditimbulkan akan mempersulit aktivitas kita sehari-hari.

Saat ini laju perkembangan virus covid di Indonesia  menunjukkan penurunan kasus dan penyebaran vaksin sudah merata ke seluruh masyarakat sehingga perlu adanya penyesuaian kebijakan baru. 

Presiden RI Joko Widodo membuat kebijakan baru yang memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi pandemi virus covid di Indonesia. Hal ini hanya pada kondisi dan golongan orang tertentu yang tetap wajib menggunakan masker. Pelonggaran masker merupakan bukti sukses penanganan pandemi oleh pemerintah

Sistem jaminan kesehatan nasional sudah tersedia yang memastikan bahwa seluruh rakyat Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan. BPJS kesehatan merupakan salah satu jaminan kesehatan tersebut. Selain itu vaksin 1 dan 2 pada masa pandemic juga sudah disediakan oleh pemerintah untuk menghadapi wabah virus ini. Saat ini juga ditambah dengan vaksin boster yang dapat memproteksi diri kita untuk menghadapai virus covid 19.

Pada era pendemi sejumlah universitas telah berinovasi untuk mendukung upaya pemerintah untuk menghadapi wabah virus ini. Salah satu inovasi tersebut adalah membuat ventilator portabel sendiri. Diharapkan dengan inovasi ini dapat berkembang dan menjadikan program industri kesehatan dalam memperkuat ketahan nasional.  

Mahasiswa sebagai agent of change, harus dapat merubah bangsa ini kearah yang lebih baik. Kebijakan-kebijakan pemerintah yang telah dibuat tidak bisa kita terima semuanya, kita sebagai mahasiswa harus melakukan perannya untuk menyaring kebijakan-kebijakan mana yang dirasa sesuai dengan rakyat atau sebaliknya yaitu merugikan rakyat.

Peran Mahasiswa dalam meningkatkan ketahan nasional pda bidang kesehatan dapat dilakukan dengan banyak hal. Peran Mahasiswa dapat dilakukan mulai dari diri sendiri seperti harus disiplin dengan memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak di tempat ramai, tidak menyebarkan hoax yang dapat memperkeruh suasana saat pandemi, dan ikut serta upaya pemerintah dalam menyelesaikan wabah virus Covid-19.

Mahasiswa sebagai generasi bangsa yang terpelajar mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga ketahanan nasional salah satunya pada bidang kesehatan. Untuk membangun kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat mahasiswa akan menjadi pilar penting didalam kesuksesannya.

sumber : https://www.kompasiana.com/eldhiss/628c5f35bb44865cbc596292/peran-mahasiswa-dalam-upaya-memperkuat-ketahanan-nasional-indonesia-pada-bidang-kesehatan?page=2&page_images=1

Posting Komentar

0 Komentar