Posisi Pasar Perangkat Lunak CAM dan Pangsa Industri yang Berkembang di Seluruh Dunia hingga 2027


 Ukuran pasar perangkat lunak CAM global diperkirakan akan tumbuh dari USD 2,5 miliar pada tahun 2020 menjadi USD 3,7 miliar pada tahun 2027, dengan CAGR sebesar 7,0% dari tahun 2021 hingga 2027. CAM (Manufaktur berbantuan komputer) adalah perangkat lunak yang membantu arsitek, insinyur , dan profesional lainnya dalam pembuatan dan perancangan objek. Perangkat lunak CAM mengacu pada penggunaan komputer untuk membantu semua operasi pabrik. Ini termasuk perencanaan, transportasi, penyimpanan, dan manajemen. Tujuan utama dari perangkat lunak CAM adalah untuk membuat proses & komponen produksi lebih cepat dan memberikan dimensi dan konsistensi material yang lebih presisi. Aplikasi CAM digunakan untuk merancang produk dan proses pembuatan program, tepatnya permesinan CNC.

Faktor-faktor seperti peningkatan penggunaan perangkat lunak CAM dalam mesin pengemasan, lonjakan industrialisasi, dan peningkatan investasi kegiatan R&D di pasar CAM mendorong pertumbuhan pasar. Namun, ketersediaan perangkat lunak CAM gratis dan open-source diperkirakan akan menghambat pertumbuhan pasar. Di sisi lain, peningkatan adopsi solusi berbasis cloud dan kemajuan teknologi dalam perangkat lunak CAM diantisipasi untuk menghadirkan peluang yang signifikan untuk ekspansi pasar di masa depan.

Peningkatan industrialisasi, yang terutama berfokus pada inovasi digital dan menggabungkan elemen-elemen seperti otomatisasi, kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), pencetakan 3D, dan bioteknologi yang diproyeksikan akan meningkatkan permintaan perangkat lunak CAM karena adalah salah satu bagian penting dari gelombang teknologi baru ini. Selain itu, telah menyebabkan munculnya pemeriksaan kualitas dan lembaga inspeksi untuk memeriksa seluruh pengembangan produk dan proses produksi. Hal ini telah menyebabkan produsen untuk memenuhi persyaratan dari badan pengatur. Kebutuhan untuk memenuhi aturan dan regulasi ini memicu permintaan untuk mengadopsi perangkat lunak CAM 2D atau 3D di antara pengembang produk untuk menciptakan produk berkualitas. Selain itu, meningkatnya kebutuhan akan visualisasi produk dan pembuatan prototipe yang cepat di berbagai industri diharapkan memberikan peluang yang menguntungkan bagi pertumbuhan pasar.

Dinamika Pasar Perangkat Lunak CAM Global
Penggerak: Meningkatnya penggunaan perangkat lunak CAM dalam mesin pengemasan
Faktor utama yang mendorong pertumbuhan pasar perangkat lunak CAM adalah lonjakan adopsi perangkat lunak CAM dalam mesin pengemasan. Mesin pengemasan membantu menyelesaikan berbagai fase proses pengemasan, seperti pembungkusan, pengisian, pelabelan, dan pengikatan. Karena mesin pengemasan menjadi semakin kompleks dengan permintaan efisiensi yang lebih tinggi, perancang dan insinyur mengadopsi perangkat lunak CAM untuk menghadapi tantangan teknik mekatronik yang unik. Perangkat lunak CAM menawarkan alat inovatif yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya keseluruhan per paket. Selain itu, munculnya kemasan pintar diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar perangkat lunak CAM dalam mesin pengemasan karena para perancang merampingkan komunikasi antara kontrol teknik listrik dan sistem mekanis melalui solusi pengembangan produk yang terintegrasi dengan CAM.

Batasan: Ketersediaan perangkat lunak CAM sumber terbuka dan gratis
Ketersediaan perangkat lunak CAM gratis dan sumber terbuka diperkirakan akan menghambat pertumbuhan pasar perangkat lunak CAM di tahun-tahun mendatang. Dalam usaha kecil & menengah mencari freeware, yang mengarah ke penerimaan luas CAM gratis dan open-source, yang diharapkan menghambat pertumbuhan pasar perangkat lunak CAM di masa depan.

Peluang: Pertumbuhan dalam adopsi solusi berbasis cloud
Pergeseran signifikan dari perangkat lunak yang dipatenkan ke langganan berbasis cloud diproyeksikan memberikan peluang yang menguntungkan bagi pasar. Implementasi solusi berbasis cloud diharapkan tumbuh lebih cepat karena memungkinkan pengguna akhir untuk mengurangi seluruh biaya kepemilikan dan implementasi. Pertumbuhan solusi berbasis cloud diperkirakan berasal dari pengguna baru yang tertarik pada proposisi nilai awal berisiko rendah yang ditawarkan oleh aplikasi berbasis cloud dan oleh penawaran berbasis cloud yang menggantikan perangkat lunak desktop yang ada yang diharapkan penggunanya akan tertarik fleksibilitas operasional yang dimungkinkan oleh model langganan berbasis cloud. Selanjutnya, untuk meningkatkan produk mereka, vendor perangkat lunak CAM menawarkan fitur tambahan dan meluncurkan produk baru, yang diharapkan dapat meningkatkan adopsi perangkat lunak CAM di antara pengguna akhir.

Lingkup Laporan
Studi ini mengkategorikan pasar perangkat lunak CAM berdasarkan aplikasi, jenis desain, dan wilayah.

Berdasarkan Aplikasi Outlook (Penjualan, Juta USD, 2017-2027)
Industri Dirgantara dan Pertahanan
Industri Pembuatan Kapal
Industri Otomotif dan Kereta Api
Industri Alat Mesin
Yang lain
Berdasarkan Jenis Desain Outlook (Penjualan, Juta USD, 2017-2027)
2D
3D
Berdasarkan Outlook Wilayah (Penjualan, Juta USD, 2017-2027)
Amerika Utara (AS, Kanada, Meksiko)
Amerika Selatan (Brasil, Argentina, Kolombia, Peru, Sisa Amerika Latin)
Eropa (Jerman, Italia, Prancis, Inggris, Spanyol, Polandia, Rusia, Slovenia, Slovakia, Hongaria, Republik Ceko, Belgia, th

e Belanda, Norwegia, Swedia, Denmark, Sisa Eropa)
Asia Pasifik (China, Jepang, India, Korea Selatan, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Filipina, Singapura, Australia & Selandia Baru, Sisa Asia Pasifik)
Timur Tengah & Afrika (Arab Saudi, UEA, Afrika Selatan, Afrika Utara, Sisa MEA)
Berdasarkan jenis desain, perangkat lunak 3D CAM menyumbang pangsa pendapatan pasar tertinggi
Penyedia perangkat lunak CAM menawarkan terutama dua jenis perangkat lunak berdasarkan jenis desain, yaitu, 2D dan 3D. Segmen 3D memiliki kontributor tertinggi pada tahun 2020. Perangkat lunak 3D CAM memungkinkan desainer untuk membuat representasi tiga dimensi dari ide-ide mereka. Perangkat lunak ini jauh lebih kompleks daripada perangkat lunak CAM 2D dan memerlukan pelatihan khusus untuk menggunakannya secara kompeten. Ini memberikan bayangan logam yang ditingkatkan, pemodelan pencahayaan, pemodelan refleksi, dan gambar tepi untuk mencapai rendering yang lebih realistis. Jalur pahat 3D diterapkan ke model secara langsung, di mana mereka memotong, dan kedalaman pemotongan secara langsung didasarkan pada permukaan atau padatan. Perangkat lunak 3D CAM dengan mudah menghasilkan jalur alat multi-sumbu yang efisien dengan kontrol tabrakan untuk desain 3D yang kompleks.
Asia Pasifik menyumbang CAGR tertinggi selama periode perkiraan
Berdasarkan wilayah, pasar perangkat lunak CAM global telah tersegmentasi di Amerika Utara, Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Selatan, dan Timur Tengah & Afrika. Secara global, Asia Pasifik diperkirakan memegang CAGR tertinggi di pasar perangkat lunak CAM global selama periode perkiraan. Wilayah ini mencakup negara-negara seperti Cina, India, Jepang, Korea Selatan, Australia, Asia Tenggara, dan Asia Pasifik lainnya. Pertumbuhan kawasan ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat di negara-negara berkembang domestik seperti China, Indonesia, Malaysia, dan India.
Manufaktur aditif, industrial internet of things (IIOT), robotika canggih, dan augmented reality adalah faktor utama yang berkontribusi pada pertumbuhan pasar perangkat lunak CAM Asia-Pasifik. Selain itu, peningkatan permintaan produsen untuk perangkat lunak CAM dan penawaran layanan mendorong pertumbuhan pasar di India.
Pemain Pasar Utama
Pasar perangkat lunak CAM sedikit terkonsentrasi di alam dengan beberapa pemain global yang beroperasi di pasar, seperti Autodesk Inc., SolidCAM Ltd., EdgeCAM, Mastercam, ZWCAD Software Co., Ltd., BobCAD-CAM, Inc., Cimatron Group, GRZ Software, Camnetics, Inc., MecSoft Corporation, Dassault Systèmes, dan Siemens Product Lifecycle Management Software Inc. Setiap perusahaan mengikuti strategi bisnisnya untuk mencapai pangsa pasar maksimum.

sumber : https://www.bintangtimur.news/berita/188988/posisi-pasar-perangkat-lunak-cam-dan-pangsa-industri-yang-berkembang-di-seluruh-dunia-hingga-2027/

Posting Komentar

0 Komentar