Rumah Amal Uji Coba IoT untuk Maksimalkan Layanan Kurban Tahun Ini


 Sahabat Amal, menjelang pelaksanaan kurban 1443 H kita semua diuji dengan wabah yang menyerang hewan ternak, yakni penyakit mulut dan kuku (PMK). Meski tidak menular kepada manusia akan tetapi kita tetap perlu melakukan quality control pada hewan kurban agar memenuhi nilai syariah dan tentunya rasa aman dalam beribadah.

Rumah Amal Salman bersama Alumni ITB Teknik Fisika Tahun 1977, Parsaulian Ishaya Siregar melakukan uji coba Internet of things (IoT) untuk kurban terpadu tahun ini. IoT sendiri merupakan mekanisme yang dapat mempermudah untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan dengan mengukur bobot serta suhu hewan secara real time.

"IoT merupakan ikhtiar pelayanan Rumah Amal Salman agar pelaksanaan kurban bisa memenuhi syariah dan tentunya aman bagi setiap pengurban," kata Parsaulian Ishaya Siregar.

Uji coba yang diadakan selama dua hari, Kamis - Jumat, 23 - 24 Juni 2022 ini berlokasi di Kandang Sapi Farm, Cikadut Kabupaten Bandung. Selama kegiatan, tim uji coba mengawasi alat dan tempat yang akan digunakan. Kegiatan ini disambut luar biasa oleh para peternak dan rencananya ke depan IoT kurban terpadu akan memantau pergerakan hewan qurban untuk lebih akurat dalam memonitoring hewan ternak.

"Di masa PMK ini perlu adanya QC secara cepat dan alat ini bisa mengukur bobot dan suhu hewan secara cepat dan akurat. Sehingga kondisi hewan bisa disajikan secara cepat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada para pengurban. Ketika uji coba suhu rata - rata hewan harus memiliki 36 - 38°C untuk bisa dikategorikan aman, " kata Dianturi, Project Officer IoT Qurban Terpadu.

Selain itu, akan ditambahkan menu lacak hewan yang bisa memantau keberangkatan hewan dari kandang, kemudian sampai ke Rumah Amal, disalurkan kepada pengurban, lalu terakhir pada penerima manfaat kurban di Rumah Amal.

Pelaksanaan projek ini juga berkolaborasi dengan Politeknik Manufaktur Bandung dan PT. TBN sehingga semakin banyak orang - orang atau lembaga yang terlibat dalam kebaikan.

sumber : https://kumparan.com/rumah-amal/rumah-amal-uji-coba-iot-untuk-maksimalkan-layanan-kurban-tahun-ini-1yLvjNCg8fv/full

Posting Komentar

0 Komentar