Siapkah Pendidikan Indonesia pada Era Society 5.0?

  Teknologi yang berkembang semkain pesat saat ini telah mempengarui berbagai bidang dalam kehidupan manusia,salah satunya adalah bidang pendidikan. Pendidikan di era revolusi industri 4.0 menggunakan tiga acuan yaitu literasi data, literasi manusia, dan literasi teknologi. Sistem yang diterapkan pada saar era revolusi industri 4.0 yaitu melalui hybrid atau blended learning dan case base learning.

Namun, semakin kesini perkembangan teknologi justru semakin pesat. Era revolusi industri 4.0akan tergantikan dengan era society 5.0, yaitu era yang memiliki konsep teknologi big data yang dikumpulkan oleh Internet of Things (IoT) diubah menjadi Artificial Intelegence (AI) menjadi suatu hal yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan manusia.

Dalam perkembangan teknologi ini, AI yang dihasilkan berbasis big data dan juga robot untuk membantu pekerjaan manusia. Prinsip dasar yang melekat pada perkembangan era society 5.0 yaitu terjadinya keseimbangan dalam perkembangn bisnis dan ekonomi dengan lingkungan sosial sekitar.

Pendidikan di era revolusi industri 4.0 masih menerapkan sistem yaitu siswa diperintah untuk berfikir kritis untuk menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan dalam studi kasus. Oleh karena itu, sistem yang diterapkan pada era ini adalah pemebelajaran case base learning yang merupakan teknik pembelajaran yang difokuskan pada pengembangan potensi berpikir siswa dalam analisis suatu permasalahan smapai dengan menemukan solusi permasalahan tersebut. 

Jika perkembangan era society 5.0 ini semakin pesat, tidak menutup kemungkinan bidang pendidikan terkena imbasnya yaitu bisa saja siswa atau mahasiswa pada saat melakukan proses pembelajaran berhadapan langsung dengan robot yang dirancang secara khusus untuk menggantikan peran pendidik dari jarak jauh. Selain kemungkinan itu, bisa juga para siswa akan melakukan pembelajaran dimana dan kapan saja ada atau tanpa adanya seorang pendidik. 

Lalu apakah Indonesia sudah siap untuk menghadapai perkembangan pendidikan di era society 5.0? Tentunya sebelum itu, Indonesia harus merencanakan langkah yang matang untuk menghadapi perkembangan pendidikan era society 5.0. Beberapa hal yang menjadi fokus utama yang harus dipersiapkan pemerintah untuk menghadapi perkembangan ini yaitu yang pertama adalah dilihat dalam bidang infrastruktur. Pemerintah harus mempersiapakna peningkatan pemerataan pembangunan dan perluasan koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok. Hal kedua yang harus dipersiapkan yaitu fokus pada bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang berperan sebagai pendidik. Pendidik ini harus disiapkan sebaik mungkin, harus memiliki keterampilan digital dan juga cara berpikir yang kreatif. Hal ketiga yaitu pemerintah harus menyinkronkan pendidikan dan industri dengan tujuan agar nantinya lulusan perguruan tinggi maupun sekolah dapat bekerja sesuai dengan bidang dan kriteria yang dibutuhkan. Ketiga hal penting itulah yang harus dipersiapakn Indonesia untuk mempersiapkan pendidikan di era society 5.0.

sumber : https://www.kompasiana.com/hanifahnurroidah/6296f45ace96e5721f441962/siapkah-pendidikan-indonesia-pada-era-society-5-0

Posting Komentar

0 Komentar