Studi Independen di Learning Track Intelligence Cloud Track MariBelajar 2022


 Studi Independen Bersertifikat (SIB) merupakan salah satu bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

 Tujuan dari diadakannya Studi Independen Bersertifikat (SIB) ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar di luar kampus dengan mengikuti pembelajaran atau perkuliahan yang diadakan secara langsung oleh mitra/perusahaan yang bekerja sama dengan Studi Independen Bersertifikat. 

Dengan mengikuti Studi Independen Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan ilmu terapan tentang dunia kerja yang mungkin tidak didapatkan saat mengikuti perkuliahan di kampus. Hal ini berguna untuk mempersiapkan mahasiswa agar lebih siap menghadapi tuntutan dunia kerja di masa yang akan datang.

Kegiatan Studi Independen Bersertifikat yang saya ikuti merupakan Studi Independen Bersertifikat yang diselenggarakan oleh PT MariBelajar Indonesia Cerdas. Salah satu mitra Studi Independen Bersertifikat ini juga bekerja sama dengan PT Microsoft Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan Studi Independen Bersertifikat ini. 

Dalam programnya, PT MariBelajar Indonesia Cerdas yang selanjutnya disebut MariBelajar menyelenggarakan SIB ini dalam tiga jalur pembelajaran (learning track), yakni Intelligence Cloud Track, Modern Educator Track, dan Information Worker Track. Saya sendiri mengikuti learning track Intelligence Cloud Track.

Intelligence Cloud Track sendiri berfokus pada tiga aspek, yakni cloud, data, dan AI yang ketiganya menggunakan fasilitas dari Microsoft, terutama Microsoft Azure, Power Platform, Dynamics 365, dan lainnya. Kegiatan yang saya ikuti berlangsung pada tanggal 7 Februari-24 Juni 2022 secara daring. Adapun rincian dari kegiatan yang saya ikuti antara lain:

1. Kelas Sinkronus

Kelas sinkronus atau tatap muka adalah kelas yang dilaksanakan secara langsung (daring) dengan menggunakan media Microsoft Teams. Kelas berlangsung selama 3 kali setiap pekannya pukul 18.30-21.00 WIB. Di kelas sinkronus, mahasiswa/peserta (mentee) dapat berinteraksi secara langsung dengan mentor, seperti tanya jawab, berpendapat, ataupun bertukar pikiran.

2. Kelas Asinkronus

Kelas asinkronus atau tanpa tatap muka adalah kelas yang dilaksanakan melalui pertemuan tanpa tatap muka dengan belajar secara mandiri di laman web MariBelajar Learn. Kelas berlangsung selama 10 kali setiap materi yang ada pada pukul 11.00-19.00 WIB. Di kelas asinkronus, mahasiswa/peserta (mentee) belajar secara mandiri dengan menggunakan materi yang ada dan mengerjakan tugas yang telah ditugaskan tiap pertemuannya.

3. Ujian Sertifikasi

Ujian sertifikasi adalah sertifikasi Microsoft yang diselenggarakan oleh MariBelajar. Sertifikasi dilaksanakan melalui Certiport. Setiap mahasiswa/peserta (mentee) memiliki empat kali kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi selama periode keberjalanan program dan dibebaskan untuk memilih empat dari tujuh jenis sertifikasi yang dapat diambil.

4. Online Assesment

Online assesment atau asesmen daring adalah ujian untuk mengukur kemampuan setiap mahasiwa/peserta (mentee) setelah mempelajari materi-materi yang telah diajarkan. Terdapat tujuh materi yang akan diujikan, yakni Microsoft Azure Fundamentals (AZ-900), Microsoft Azure Data Fundamentals (DP-900), Microsoft Azure AI Fundamentals (AI-900), 

Microsoft Power Platform Fundamentals (PL-900), Microsoft Dynamics 365 Fundamentals (ERP) (MB-920), Microsoft Dynamics 365 Fundamentals (CRM) (MB-910), serta Microsoft Security, Compliance, and Identity Fundamentals (SC-900).

5. Capstone Project

Capstone project atau proyek akhir merupakan suatu proyek yang wajib dibuat oleh setiap mahasiswa yang mengikuti program SIB. Capstone project merupakan bentuk implementasi dari materi yang telah didapatkan selama mengikuti SIB. 

Dengan mampunya mahasiswa mengerjakan capstone project maka mahasiswa tersebut diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada di dunia nyata nantinya.

sumber : https://www.kompasiana.com/fariskalathifafikri9654/62b9ded2bb448662de653cb2/studi-independen-di-learning-track-intelligence-cloud-track-maribelajar-2022?page=3&page_images=2

Posting Komentar

0 Komentar