BPS Data Warga Miskin Kelurahan Tanjungpinang Kota Lewat Program Desa Cantik




 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Kelurahan Tanjungpinang Kota masuk dalam program Desa Cantik Badan Pusat Statistik (BPS).

Desa Cantik merupakan program cinta statistik program BPS Tanjungpinang.

BPS Tanjungpinang nantinya akan mendata, selain pembenahan topografi di kelurahan, sekaligus pengelolaan data masyarakat miskin.

Kepala BPS Kota Tanjungpinang, Mangamputua Gultom mengatakan, Kelurahan Kampung Bulang dan Kelurahan Sri Tanjung sebelumnya menjadi lokasi dalam menjalankan program ini.

Berdasarkan data BPS terdapat 514 desa atau kelurahan di Indonesia yang mengikuti program Desa Cantik.

"Dengan data dan angka yang ada, dapat dipergunakan bagi kelurahan untuk berbagai keperluan. BPS di sini memiliki peran untuk membantu verifikasi data yang valid, serta pengelolaan sinkronisasi data,” ucapnya, Senin (25/7/2022).

Terkait hal tersebut, Wali Kota Tanjungpinang Rahma menjelaskan pengelolaan data dan jumlah masyarakat miskin sejalan dengan apa yang Pemko Tanjungpinang lakukan.

“Pemko Tanjungpinang terus melakukan update atau pembaharuan data jumlah penduduk miskin,” kata Rahma.

Melalui kelurahan bersama perangkat RT/RW meninjau kembali warganya yang termasuk kategori miskin dan berhak menerima bantuan.

Karena DTKS seharusnya menggunakan data baru sesuai kondisi saat ini.

“Bersama kelurahan juga Dinas Sosial melakukan verifikasi dan sinkronisasi data, sehingga data yang ada tidak tumpang tindih atau ganda sehingga masyarakat penerima manfaat menjadi tepat sasaran," harapnya.

Bersama program ini, Rahma berharap dapat saling berkolaborasi untuk mendapatkan satu data terpadu.


Sumber : https://batam.tribunnews.com/2022/07/25/bps-data-warga-miskin-kelurahan-tanjungpinang-kota-lewat-program-desa-cantik












Posting Komentar

0 Komentar