Waspada Grup Ransomware Baru! Pakar Keamanan Siber Beri Saran Ini untuk Pelaku Bisnis



 JAKARTA - Di era digital saat ini, banyak ancaman kejahatan siber yang bisa menargetkan siapa saja, terutama para pekerja dan pelaku bisnis. 

Baru-baru ini, perusahaan cyber security Kaspersky menemukan grup ransomware baru bernama Luna. 

Menurut temuannya, Luna menyebarkan malware yang ditulis dalam Rust yang kemampuan lintas platformnya memungkinkan grup untuk membidik sistem Windows, Linux, dan ESXi sekaligus.

“Tren yang kami uraikan awal tahun ini tampaknya mulai meningkat. Kami melihat semakin banyak kelompok yang menggunakan bahasa lintas platform untuk menulis ransomware mereka,” kata Jornt van der Wiel, pakar keamanan di Kaspersky.

Untuk melindungi diri Anda dan bisnis Anda dari serangan ransomware, pertimbangkan untuk mengikuti aturan berikut yang diusulkan oleh Kaspersky:

1.    Jangan memaparkan layanan desktop jarak jauh (seperti remote desktop protocol) ke jaringan publik kecuali benar-benar diperlukan dan selalu gunakan kata sandi yang kuat untuk itu.

2.    Fokuskan strategi pertahanan Anda untuk mendeteksi gerakan lateral dan eksfiltrasi data ke internet. Berikan perhatian khusus pada lalu lintas keluar untuk mendeteksi koneksi para pelaku kejahatan siber

3    Gunakan solusi keamanan yang expert yang dapat membantu mengidentifikasi dan menghentikan serangan pada tahap awal, sebelum penyerang mencapai tujuan akhir mereka. 

4.    Untuk melindungi lingkungan perusahaan, berikan edukasi kepada karyawan Anda.

5.    Gunakan informasi Intelijen Ancaman terbaru untuk tetap mengetahui TTP aktual yang digunakan oleh pelaku ancaman.

Posting Komentar

0 Komentar