9 Teknologi Ini Punya Kaitan Penting dalam Industri 4.0



 Industri 4.0 adalah area baru dimana internet hal-hal bersama dengan cyber physical systems saling berhubungan dengan cara kombinasi.

Adapun kombinasi itu melibatkan perangkat lunak, sensor, prosesor dan teknologi komunikasi yang memainkan peran besar untuk membuat sesuatu yang memiliki potensi untuk memasukkan informasi ke dalamnya dan akhirnya menambah nilai pada proses manufaktur.

Ini juga selaras dengan pendapat yang mengatakan bahwa inudstri 4.0 memiliki gagasan utama yakni memanfaatkan potensi teknologi dan konsep baru seperti: internet, integrasi proses teknis dan proses bisnis di perusahaan, pemetaan digital dan virtualisasi dunia nyata, pabrik cerdas termasuk didalamnya sarana produksi pintar dan produk pintar.

Berikut ada beberapa teknologi yang terkait dengan industri 4.0, yaitu :

1. The Internet of Things (IoT)
Berfungsi untuk menghubungkan semua perangkat komputasi menggunakan teknologi tertentu.

Memungkinkan perangkat berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain dengan pengontrolan yang terpusat. IoT juga bermanfaat dalam menganalisa dan mengambil keputusan secara langsung.

2. Cyber Security
Komunikasi yang andal, identitas canggih dan manajemen akses mesin dan pengguna adalah penting bagi industri 4.0 untuk mengatasi masalah ancaman keamanan siber yang meningkat secara signifikan dengan meningkatnya konektivitas dan penggunaan standar protokol komunikasi.

3. The cloud
Meningkatnya kinerja teknologi, data dan fungsionalitas maka disebarkan ke cloud/awan, supaya lebih banyak layanan berbasis data untuk sistem produksi.

Lebih banyak usaha yang terkait dengan produksi di industri 4.0 akan membutuhkan peningkatan berbagi data di seluruh lokasi perusahaan.

4. Big data analytics
Memungkinkan pengumpulan dan evaluasi data yang komprehensif dari berbagai sumber dan pelanggan untuk mendukung pengambilan keputusan langsung, mengoptimalkan kualitas produksi, menghemat energi dan meningkatkan layanan peralatan.

5. Horizontal and vertical system integration
Integrasi sistem horisontal dan vertikal di antara perusahaan, departemen, fungsi dan kemampuan akan menjadi lebih kohesif, seiring lintas-perusahaan, jaringan integrasi data universal berkembang dan memungkinkan rantai nilai yang benar-benar otomatis.

6. Augmented reality
Dapat mendukung berbagai layanan, seperti memilih suku cadang di gudang dan mengirim instruksi perbaikan melalui perangkat seluler.

7. Additive manufacturing (3D printing)
Dapat menghasilkan sejumlah produk yang disesuaikan seperti desain yang kompleks dan ringan, berperforma tinggi dan mengurangi jarak pengangkutan dan persediaan.

8. Simulation
Memanfaatkan data realtime untuk mencerminkan kenyataan dalam model virtual, yang mencakup seperti mesin, produk dan manusia.

Hal ini memungkinkan operator untuk menguji dan mengoptimalkan pengaturan alat untuk produksi berikutnya, sehingga dapat mengurangi waktu pengaturan alat dan meningkatkan kualitas produk.

9. Robots
Lebih mandiri, fleksibel dan kooperatif mereka akan berinteraksi satu sama lain dan dapat bekerja dengan aman bersama manusia, kemudian belajar dari mereka. Robot lebih murah biayanya dan memiliki jangkauan kemampuan yang lebih besar.

Demikianlah ragam teknologi yang berperan penting dalam industri 4.0 yang perlu kamu ketahui untuk landasan teori maupun referensi pengetahuan.


SUMBER     : https://kepri.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-2685159868/9-teknologi-ini-punya-kaitan-penting-dalam-industri-40?page=3

Posting Komentar

0 Komentar