Bandung Barometer Smart City, Pemkot Perkuat Keamanan Siber dengan Gandeng Perusahaan Teknologi Korea

 



Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, Kota Bandung merupakan barometer smart city di Indonesia dengan berbagai aplikasi yang dibangun.

Oleh karenanya, permasalahan kerentanan keamanan siber ini merupakan bagian yang menjadi perhatian Kota Bandung.

Untuk itu, Pemkot Bandung menjalin kerja sama dengan perusahaan keamanan sistem yang berinduk di Korea, Steal Alien Indonesia.

"Apalagi selama pandemi kami membuat berbagai aplikasi untuk mengurangi interaksi langsung. Itu rentan terhadap serangan siber, maka perlu perlindungan terhadap serangan siber. Kami berterima kasih Steal Alien telah memberikan dukungan," kata Yana di Balai Kota Bandung, Kamis, 18 Agustus 2022.

"Transformasi digital yang telah lakukan dapat terus dikembangkan dan memenuhi keamanan standar internasional demi kelancaran layanan internal dan layanan publik Pemkot Bandung," imbuhnya.

Ia berharap, kerja sama yang terjalin dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat yang luas terutama untuk pelayanan terhadap masyarakat.

"Ikhtiar kami memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kami butuh dukungan dari semua pihak dan terus berinovasi. Teknologi terus berkembang, dengan ditangani ahli di bidangnya, kami yakin sistem kami akan aman dari serangan siber," katanya.

"Semoga berkelanjutan, kerjasama lain selama menguntungkan kami sangat terbuka," lanjutnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengatakan, keamanan informasi dan siber merupakan rangkaian penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Salah satu penilaian adalah keamanan aplikasi, kita hanya mendapatkan level 1. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini bisa meningkatkan nilai SPBE ke level 4," ujarnya.

Lebih lanjut, Yayan mengatakan kerja sama ini berlangsung selama 2 tahun dengan nilai manfaat sebesar Rp1,8 miliar.

"Kami menyambut baik pemanfaatan PenTest dan pemberian lisensi keamanan sistem selama 2 tahun dari Steal Alien Indonesia untuk membantu kami dalam keamanan sistem," katanya.

"Nantinya, bersama-sama menjaga kemanan informasi. Menemukan kerentanan dan resiko keamanan siber pada aplikasi dimiliki oleh Pemkot Bandung yaitu sadayana dan surat online," imbuhnya.

Di sisi lain, Direktur Utama PT. Steal Alien Indonesia, Hyuk-jae Hong mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan keamanan siber di Indonesia.

"Sebuah kehormatan mendukung keamanan siber di kota Bandung. Langkah awal komitmen kami untuk berkontribusi terhadap kemanan siber di indonesia kh usunya di Kota Bandung," katanya.

Untuk diketahui, Steal Alien Indonesia merupakan perusahaan keamanan sistem yang berinduk di Korea dan telah banyak digunakan oleh perusahaan besar korea maupun pemerintahan Korea.

Kerja sama yang dijalin dengan Pemkot Bandung adalah pemberian pemanfaatan PenTest untuk dua aplikasi yaitu Aplikasi Sadayana dan Surat Online serta pemberian Lisensi AppSuite sebagai Security Solution Aplikasi Kota Bandung.

Sumber     : https://mapaybandung.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-1475310375/bandung-barometer-smart-city-pemkot-perkuat-keamaan-siber-dengan-gandeng-perusahaan-teknologi-korea?page=3


Silahkan bergabung dalam DIGITAL TRANSFORMATION CAPTAIN Newsletter , gabung sekarang dihttps://www.linkedin.com/newsletters/digital-transformation-captain-6962936298374389760/


Posting Komentar

0 Komentar