Inovasi teknologi penting untuk imbangi transformasi ekonomi digital

 


Vice President of Public Policy & Government Relations Traveloka Widyasari Listyowulan mengatakan inovasi teknologi penting untuk mengimbangi dan beradaptasi dengan transformasi, tren, serta kebutuhan ekonomi digital.

Widyasari menambahkan, salah satu kunci utama dari inovasi teknologi itu sendiri adalah peningkatan kualitas literasi dan kemampuan digital masyarakat, baik sebagai pengguna maupun pembuat layanan teknologi terkait.

"Sebagai industri teknologi, tentu ada aspirasi untuk maju dan bisa punya impact kepada masyarakat dan memajukan digital economy di Indonesia. Untuk itu, kami mengedepankan inovasi teknologi, dan ada banyak hal di core pemanfaatan teknologi itu sendiri, seperti dari peningkatan digital talent," kata Widyasari dalam forum diskusi di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, ia menilai peningkatan literasi digital juga dirasa penting bagi siapa pun yang tergabung di sebuah ekosistem digital. Ia mencontohkan, Traveloka yang turut menggandeng pelaku pariwisata dan UMKM terkait di dalam platform, berharap mereka yang tergabung di sana mampu tumbuh bersama dan memajukan pariwisata serta ekonomi di wilayahnya.

"Bicara tentang perkembangan ekonomi, ada banyak sektor termasuk pariwisata, dan UMKM di belakangnya. Dan digitalisasi bukan hanya soal memindahkan yang tradisional ke digital, namun, bagaimana agar itu bisa sustainable," kata Widyasari.

"Untuk itu, literasi adalah hal penting. Karena, dari sana, kita bisa memastikan sustainable tourism, membawa manfaat untuk area-area wisata termasuk yang baru," ujarnya menambahkan.

Sependapat, Executive Director Center for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan literasi dan peningkatan kemampuan digital merupakan aspek penting seiring dengan masif dan pesatnya perkembangan ekonomi digital di Indonesia maupun dunia.

"Bukan cuma hard skill tapi skill lainnya dalam menggunakan aplikasi dan platform digital untuk empowering the economy. Penyedia jasa industri juga berperan untuk memfasilitasi," kata Yose.

"Selain itu, peran masyarakat juga penting karena masyarakat bisa membawa lebih jauh kebutuhan-kebutuhan itu tadi," imbuhnya.

Ia juga berharap, Presidensi G20 Indonesia sebagai forum internasional mampu menjadi wadah diskusi untuk membicarakan banyak aspek ekonomi digital, mulai dari infrastruktur dan konektivitas, kecakapan sumber daya manusia, hingga alur data lintas negara.

"Sehingga kita bisa sama-sama belajar, serta mengaplikasikan teknologi agar dimanfaatkan lebih jauh. Ini sesuatu yang penting, dan sebagai wadah pembelajaran satu negara dengan yang lain terlihat di sini," kata Yose.

Silahkan bergabung dalam DIGITAL TRANSFORMATION CAPTAIN Newsletter , gabung sekarang di : https://www.linkedin.com/newsletters/digital-transformation-captain-6962936298374389760/

Sumber     : https://id.berita.yahoo.com/inovasi-teknologi-penting-untuk-imbangi-105024465.html



Bersamaan dengan INDONESIA DIGITAL TECHNOLOGY EXPO (INDITEX)

INDITEX is your eminent opportunity to market your product and services face-to-face to thousands of potential customers. Exhibiting in this expo enables you to display your Products, Knowledge & Services to your target audience, answer questions and verify & consolidate interest. INDITEX provides you a platform to attract customers, grow your business, encourage innovation, & move your brand out of the past & secure its lead into the future. 


APTIKNAS (Asosiasi Pengusaha TIK Nasional) mendukung INDITEX yang akan dilakukan pada 24-25 Agustus 2022 di BEKASI JUNCTION HALL, Jawa Barat.


EVENTCERDAS-APTIKNAS mengadakan Seminar Digital Transformation on Manufacturing, 24 Agustus 2022, dengan pembahasan:

13.30 - 14.00 - Fanky Christian - Digital Transformation Strategy

14.00 - 14.30 - Kenny Kurniadi - ACOBA

14.30 - 15.30 - Benarivo Abdullah - Transformation of office work with cognitive automations


Pastikan kehadiran anda di Bekasi Junction Hall, daftarkan diri anda ke https://www.tpmi-group.com/indo-digital-technology-expo


Kami tunggu kehadiran anda.

Posting Komentar

0 Komentar