Kemana Arah Transformasi Digital Global Tahun 2022

Membahas arah transformasi digital seolah tidak pernah habis. Transformasi sesuai dengan namanya, selalu merupakan kondisi dari satu ke kondisi lainnya, menggunakan pendekatan digital. 

ZDNET salah satu kiblat teknologi informasi dunia membahas apa yang disampaikan oleh IDC, sebuah badan riset global yang memang memfokuskan diri dalam transformasi digital. Setidaknya ada 10 prediksi yang disampaikan oleh IDC yang patut kita perhatikan.

prediksi IDC atas transformasi digital global (koleksi pribadi)

Perkembangan investasi mencapai double digit (2023)

Sekarang sedang giat diimplementasikan transformasi digital di banyak tempat, maka investasi transformasi digital ini akan memuncak hingga tahun depan.

Peraturan digital GDP (2022)

Karena sekarang sudah mulai marak pendapatan digital, maka kita akan memiliki komponen GDP digital dalam pengukuran.

Arsitektur Fisik Digital (2022)

Perkembangan transformasi digital terkait dengan arsitektur fisik digital semakin banyak, kita akan akrab dengan istilah cloud, multicloud, hybrid cloud. Belum lagi arsitektur aplikasi dan sistem yang berkembang pesat, seiring kebutuhan yang tinggi.

Otomatisasi Perusahaan dan Ekosistem (2026)

Robot Process Automation (RPA) mulai mendominasi banyak hal, dan otomatisasi lain juga kita lihat. Automation akan menjadi bagian dari proses yang ada.

Kultur Digital dan Pengayaan (2023)

Karena banyak implementasi sistem digital baru, maka dikembangkan banyak budaya digital baru. Kultur digital akan menjadi bagian keseharian kita.

Kepemimpinan dalam Ketahanan Digital (2026)

Semua sudah digital, maka kepemimpinan digital juga menjadi kata penting. Banyak perusahaan mempersiapkan transformasi digital team, hingga Digital Transformation Office, ini untuk memastikan kepemimpinan dalam digital transformation.

Ketahanan digital (2022)

Persaingan ketat secara digital menuntut juga ketahanan digital. SDM akan jadi faktor kunci.

ROI Digital dan Outputnya (2023)

Tetap menghitung ROI, ini fokus dari perhitungan transformasi digital yang ada.

Team Digital Impian (2025)

Selain inisiatif adanya kepemimpinan digital, juga diperlukan adanya tim. Semakin banyak perusahaan mempersiapkan tim khusus untuk transformasi digital.

Dekarbonisasi (2026)

Ini akan memuncak dan melihat potensi efisiensi, termasuk dekarbonisasi. Dengan adanya fokus ini maka tentu perusahaan harus menghitung, menentukan strategi yang tepat. 

Kita melihat 10 tren prediksi IDC di atas, yang mungkin kita lihat masih jauh di Indonesia, tapi ini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan, dan tidak terhindarkan lagi saat ini. 

Maka transformasi digital yang anda siapkan, atau bahkan sudah lakukan harus perhatikan 10 trend ini, untuk membantu agar strategi, roadmap yang sudah anda buat, tetap bisa sesuai dalam jangka panjang. 

Prediksi digital transformation 2022 (koleksi pribadi)

Dari data tren diatas, maka kita bisa melihat ada beberapa teknologi yang telah masuk dan berkembang di Indonesia.

Ikuti pembahasannya dalam kegiatan webinar dan seminar kami selanjutnya di EventCerdas. Kami selalu menantikan anda para Digital Transformation Captain. Mulaillah dari diri anda sendiri dulu, tahu lebih dulu adalah lebih baik.


sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/63003e893555e4572f4f75e2/kemana-arah-transformasi-digital-global-tahun-ini

Posting Komentar

0 Komentar