Kemenkominfo Targetkan 200 Ribu Talenta Digital

 


JAKARTA - Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto, menyebut, pihaknya siap memenuhi 200.000 talenta digital. Jumlah tersebut sepertiga dari total target kebutuhan per tahun yaitu 600.000 talenta digital.

"Kami berharap dapat berkontribusi sebesar 200.000 digital talents atau sepertiga dari target keseluruhan sebesar 600.000," ujarnya dalam acara kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY).

Bonifasius menerangkan, terdapat tiga tingkat kemampuan Literasi Digital yaitu Basic Digital Skill, Intermediate Digital Skill, dan Advance Digital Skill. Menurutnya, pemerintah telah memiliki program untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di ketiga tingkat tersebut.

Dia menyebut, kerja sama pihaknya dengan UPNVY adalah bagian dari program tersebut. Dalam PKKBN pihaknya memberikan materi literasi digital kepada 5.463 peserta. "Literasi Digital bagi semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali, utamanya bagi para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam menyambut Era Digital 5.0," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya memiliki program Intermediate Digital Skill dan Advance Digital Skill. Dalam pelaksanannya tersedia fasilitas pelatihan terkait coding, big data, machine learning, artificial intelligence, dan sebagainya.

"Kemenkominfo memberi training di tempat terbaik seperti Facebook, Google, Oracle, dan lain sebagainya," tambahnya.

Dia menuturkan, pemerintah memberikan training selama 3 bulan dan selanjutnya harus melakukan ujian untuk sertifikasi. Untuk program advanced ditujukan untuk kepala daerah/pimpinan Lembaga dan perusahaan swasta untuk mengikuti pelatihan terkait digital di berbagai kampus seperti MIT, Cornell, Harvard, Imperial College, Shinwa, Oxford, dan lain-lain.

Dia juga menekankan, pentingnya etika di dunia digital. Menurutnya, pemahaman dan kecermatan dalam memanfaatkan media sosial harus diimbangi netiket atau internet etiquette.



Digital Transformation Strategy 

Kita akan belajar langsung dari eduClass, prinsipal yang berbasis di Singapore ini merupakan mitra terpercaya pemerintah Singapore, dan ratusan kampus di Asia, dan lebih dari 2000 perusahaan di Asia. 

Bersama kita mendengarnya secara langsung dari Hangky Sumangkul dari eduClass Indonesia, yang akan berbagi pada Selasa, 30 Agustus 2022, jam 14.00 - 15.00 WIB

Segera daftarkan diri anda secara gratis di https://bit.ly/DTStrategy30Aug22

Sumber     : https://koran-jakarta.com/kemenkominfo-targetkan-200-ribu-talenta-digital?page=2

Posting Komentar

0 Komentar