Machine Learning Cabang Ilmu di Era IoT



Machine Learning menjadi salah satu cabang ilmu yang penting khususnya di era Internet of Things (IoT). Hal ini disebabkan karena implementasi Machine Learning sendiri dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan dari data-data yang besar (big data) untuk keperluan tertentu, misalnya pegklasteran (clustering).

Dr Puguh Wahyu Prasetyo MSc, Ketua Pelaksana Summer Course, Sabtu (27/08/2022) mengatakan, sebagai wujud upaya untuk mendukung hal ini, program studi S1 Pendidikan Matematika dan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerjasama dengan Departemen Matematika Universiti Malaysia Terengganu menyelenggarakan Summer Course dengan topik Summer Course on Machine Learning: Study Case on K-Means Clustering for Customer Segmentation.

Pelaksanakan program ini dimulai dari sejak Senin (22/08/2022) hingga Minggu (28/08/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh para peserta dari Program Studi S1 Pendidikan Matematika dan Matematika Universitas Ahmad Dahlan masing-masing 4 dan 10 peserta dan dari Departemen Matematika Universiti Malaysia Terengganu 10 peserta. Kegiatan ini dilangsungkan secara online dengan kombinasi aktivitas sinkon melalui platform zoom dan asinkron.

Adapun agenda pembukaan telah dilaksanakan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Ahmad Dahlan, Rusydi Umar PhD yang diawali oleh laporan Ketua Panitia, Nursyiva Irsalinda MSc. Dalam kegiatan pembukaan turut hadir Wakil Dekan FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Dr Dody Hartanto MPd dan Dekan FAST Universitas Ahmad Dahlan, Dr Yudi Ari Adi MSi serta Kaprodi S1 Pendidikan Matematika dan S1 Matematika UAD Uswatun Khasanah MSc dan Joko Purwadi, MSc dan beberapa dosen Prodi S1 Pendidikan Matematika dan Matematika UAD.

Adapun materi summer course ini dibawakan oleh beberapa narasumber yaitu Dr Maharani Abu Bakar MSi (UMT), Sugiyarto PhD (UAD), Dr Burhanudin A N, MSc (UAD), Dr Puguh WP MSc (UAD), dan Joko Eliyanto, MPd (Alumni S1 Matematika UAD) yang saat ini bekerja menjadi praktisi dalam bidang big data. Kegiatan ini dirancang untuk dapat dikonversi menjadi mata kuliah Pemodelan Matematika sebesar 2 angka kredit (SKS) sebagai bentuk dukungan dalam program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Sumber     : https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/machine-learning-cabang-ilmu-di-era-iot/



Digital Transformation Strategy 

Kita akan belajar langsung dari eduClass, prinsipal yang berbasis di Singapore ini merupakan mitra terpercaya pemerintah Singapore, dan ratusan kampus di Asia, dan lebih dari 2000 perusahaan di Asia. 

Bersama kita mendengarnya secara langsung dari Hangky Sumangkul dari eduClass Indonesia, yang akan berbagi pada Selasa, 30 Agustus 2022, jam 14.00 - 15.00 WIB

Segera daftarkan diri anda secara gratis di https://bit.ly/DTStrategy30Aug22

Posting Komentar

0 Komentar