Mengenal Arti Smart City, Kota Berbasis Teknologi Terintegrasi

JAKARTA, celebrities.id - Mengenal arti smart city dapat menambah pengetahuan kamu terkait dengan jenis pengembangan kota berbasis teknologi di suatu tempat. 


Smart city atau kota pintar menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan efisiensi operasional, berbagi informasi dengan publik dan memberikan kualitas layanan pemerintah serta kesejahteraan warga yang lebih baik.


Tujuan utama kota pintar yakni untuk mengoptimalkan fungsi kota dan mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatkan kualitas hidup warga dengan menggunakan teknologi pintar dan analisis data. Poinnya terletak pada bagaimana teknologi ini digunakan daripada hanya seberapa banyak teknologi yang tersedia.


Mengenal Arti Smart City

Merujuk pada laman resmi PUPR, smart city diartikan sebagai pengembangan kota berbasis ICT (Information and Communication Technologies) dimana tersedianya informasi dan infrastruktur terintegrasi antara pemerintah daerah dengan komponen bisnis, masyarakat dan potensi daerah kota tersebut.

Smart city umum digunakan untuk merepresentasikan kemampuan sebuah kota dalam menyediakan layanan terhadap individu atau masyarakat untuk bereksplorasi dalam dunia maya dengan kecepatan.

Smart city juga dapat dimaknai sebagai sebuah kota yang menggabungkan konsep digital, natural dan sosial sehingga terbentuknya peningkatan ekonomi, infrastruktur kota yang baik, lingkungan yang bersahabat transportasi dan kehidupan yang nyaman.


Pilar Smart City

1. Smart Governance

Smart governance adalah adanya peningkatan partisipasi dari masyarakat di dalam pemerintahan, informasi yang terbuka dan transparan dan pelayanan sosial umum.


2. Smart Economy 

Smart economy adalah membangun kawasan yang mandiri dan inovasi bisnis. 

3. Smart Mobility 

Smart mobility adalah kegiatan mempermudah mobilitas dan keterhubungan antara satu wilayah dengan wilayah lain, juga dengan kota yang bersangkutan dengan kota di sekitarnya. Infrastruktur berbasis teknologi juga menjadi pendukung kelancaran mobilitas.


4. Smart Environment 

Smart environment adalah lingkungan pintar yang mencakup pemantauan jaringan dan lingkungan serta efisiensi energi.


5. Smart People 

Smart people adalah dimensi yang meliputi pendidikan berbasis digital dan kegiatan yang menghasilkan kreatifitas.


6. Smart Living 

Smart living adalah dimensi terakhir mempunyai fokus area pada pengembangan budaya yang dapat menunjang pariwisata, kesehatan dan keamanan juga akses teknologi. Pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang saat ini digencarkan pemerintah daerah, menjadi modal utama untuk terwujudnya konsep smart city.



Silahkan bergabung dalam DIGITAL TRANSFORMATION CAPTAIN Newsletter , gabung sekarang di : https://www.linkedin.com/newsletters/digital-transformation-captain-6962936298374389760/

Posting Komentar

0 Komentar