OJK tekankan pentingnya digital governance bagi pelaku jasa keuangan

 


Ketua Dewan Audit Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Sophia Wattimena menekankan pentingnya adopsi teknologi digital dalam tata kelola perusahaan atau digital governance bagi pelaku usaha jasa keuangan saat melakukan transformasi digital di dalam perusahaan.

Menurut Sophia, digitalisasi tanpa disertai dengan proses tata kelola yang baik, tidak akan memberikan manfaat namun justru menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

"Terjadinya berbagai kasus di industri keuangan seperti pencurian data, penyalahgunaan data, pemalsuan transaksi dan kasus kejahatan lain yang merugikan konsumen timbul sebagai akibat tidak adanya tata kelola yang baik. Penerapan digital governance dapat dilihat dari munculnya praktek tata kelola yang baik dengan mengedepankan nilai integritas , transparan, serta kejujuran dalam setiap praktik transaksi keuangan," ujar Sophia dalam seminar daring yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, pelaksanaan digital governance yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, akan membuat investor merespon secara positif terhadap kinerja perusahaan.

"Selain itu, digital governance akan meningkatkan nilai pasar perusahaan serta menjamin hak-hak digital konsumen terpenuhi," kata Sophia.

Sophia menyampaikan, seiring dengan perkembangan informasi dan teknologi yang begitu cepat dan perubahan gaya hidup masyarakat, kebutuhan konsumen khususnya terkait layanan keuangan akan terus meningkat, terlebih lagi dengan kondisi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama lebih dari dua tahun belakangan ini.

Dunia virtual pun jadi jauh lebih sibuk dan ramai dari sebelumnya. Pergeseran aktivitas di masyarakat dan konsumen jasa keuangan terlihat dari peralihan pemanfaatan gawai, komputer, dan internet untuk melakukan aktivitas sehari-sehari, termasuk dalam melakukan transaksi keuangan.

"Tentu dengan perubahan yang begitu masif tersebut dalam waktu yang relatif singkat, organisasi perlu segera melakukan transformasi digital agar dapat mengejar arus perubahan yang terjadi," ujar Sophia.

SUMBER     : https://id.berita.yahoo.com/ojk-tekankan-pentingnya-digital-governance-072600202.html?guccounter=1&guce_referrer=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZ2xlLmNvbS8&guce_referrer_sig=AQAAAKOEwMSjjUqlvZtKEekqxdmCmvA0w3I_85SmJj_-5ErfG35P06geUcpwNpVOIMH0Ls9bcS4GJTkL6T2A9A2dIuWvD2-r5y1SxlJCAciB3yEmpjJiqpcwGvfCYWvwaXWwY0WRBa5UApV0DJKxCfmDCYyDK7258TBVM7mdplrBo8Pf


Webinar Digital Transformation kembali berlanjut di tanggal 18 Agustus 2022. Tepat sehari setelah hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77, kita akan menggelar webinar "Strategi Transformasi Digital menggunakan Cloud - Cloud as Digital Transformation Strategy"


Banyak perusahaan dan instansi mulai melirik dan menggunakan cloud untuk mendukung transformasi digital yang mereka lakukan, terutama sepanjang pandemi ini. 

Kita akan ikuti pembahasannya secara detail di 18 Agustus 2022, jam 14-15 WIB. 


Narasumber: Gery Sujaudaja - Zettagrid Product Specialist

Moderator : Fanky Christian - APTIKNAS DKI JAKARTA


Daftarkan diri anda segera ke: https://bit.ly/DTCloud18Ags22

Kami tunggu kehadiran anda, dapatkan e-sertifikat dan doorprize, dan jadilah Digital Transformation Captain untuk perusahaan dan instansi anda.


#aptiknas #eventcerdas #dcmsolusi #dcmm #cloud #zettagrid #arupa




Posting Komentar

0 Komentar