Tampil di Ajang Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022, NEC Hadirkan Solusi Smart Manufacturing


NEC, perusahaan Teknologi Informasi dan elektronik multinasional berpartisipasi dalam acara Indonesia 4.0 Conference & Expo 2022 yang diadakan pada 24-25 Agustus 2022 di Bhirawa Assembly Hall, Menara Bhidakara, Jakarta.

Di ajang berkumpulnya para pemangku kepentingan perkembangan teknologi industri di tanah air, NEC Indonesia menampilkan serangkaian solusi smart manufacturing untuk mendukung akselerasi perwujudan Industri 4.0 di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, ada empat solusi yang ditampilkan, yaitu Solusi Artificial Intelligence (AI), Face RecognationMicro Data Center (MCD) dan solusi Internet of Things (IoT).

“Keterlibatan NEC di ajang ini sebagai exhibitor, menampilkan produk dan solusi-solusi untuk mendukung smart factorySmart factory ini akan mengarah pada industri 4.0,” kata Arif Budi Subekti, Vice President Enterprise Solution Division NEC Indonesia.

Menurut Arif, penerapan Industri 4.0 untuk menopang pertumbuhan di pasar global yang semakin ketat, membuat semakin banyak perusahaan manufaktur yang mengadopsi teknologi baru. Transformasi digital adalah elemen penting dalam konsep smart manufacturing.

“Penggunaan teknologi AI dan IoT semakin dirasakan perlu untuk meningkatkan efisiensi proses produksi demi pertumbuhan tingkat produktivitas. Dengan menggunakan teknologi AI, IoT dan data analitik, perusahaan manufaktur dapat membuat keputusan penting berdasarkan data real-time untuk meningkatkan produktivitas. Pengendallian kualitas (quality control) dalam proses produksi juga akan dapat meningkat secara signifikan,” jelas Arif.

Rangkaian solusi yang ditampilkan oleh NEC Indonesia antara lain adalah solusi smart manufacturing yang berfokus pada pemanfaatan AI, IoT, dan data analytics seperti seperti System Invariant Analysis Technology (SIAT), Face Recognition untuk kontrol akses dan Warehouse Management System yang terintegrasi dengan ERP.

Selain itu, NEC juga menampilkan beberapa produk dari Stratus Technologies sebagai mitra NEC dalam menyediakan solusi komputasi edge yang memainkan peran penting dalam proses pengolahan dan penyimpanan data.

Saat ini, data dan informasi yang diperoleh melalui analitik adalah aset bisnis yang penting agar perusahaan manufaktur bisa sejalan dengan kecepatan perubahan teknologi sekaligus mempertahankan keunggulan kompetitifnya.

Terkait SIAT, adalah bagian dari portofolio mutakhir teknologi Industrial AI dari NEC yang bernama NEC the WISE yang digunakan untuk mempelajari dan memodelkan perilaku sistem secara otomatis berdasarkan data yang dikumpulkan dari sejumlah besar sensor yang dipasang dalam skala besar dan sistem yang kompleks.

“Teknologi ini memberikan visualisasi sistem dan cara pengoperasiannya serta memungkinkan sistem beroperasi dengan aman dan efisien dengan mendeteksi kesalahan secara proaktif menggunakan model analitik. NEC telah memasang sekitar 100 sistem SIAT di berbagai negara,” ungkap Arif.

Sedangkan, face recognition, semenjak pandemi, teknologi nir sentuh menjadi sebuah solusi untuk mencegah penyebaran virus dan penyakit yang dapat terjadi melalui kontak fisik. Salah satunya adalah otentikasi melalui fitur pengenalan wajah atau face recognition. Perangkat lunak pengenalan wajah menjadi semakin banyak digunakan dalam dunia bisnis.

“Teknologi pengenalan wajah biometrik NEC telah digunakan di seluruh dunia untuk memerangi kejahatan, mencegah penipuan, mendukung keselamatan publik, dan meningkatkan pengalaman pelanggan di berbagai lokasi dan industri,” tutur Arif.


SUMBER     : https://investor.id/it-and-telecommunication/304376/tampil-di-ajang-indonesia-40-conference-expo-2022-nec-hadirkan-solusi-smart-manufacturing


Silahkan bergabung dalam DIGITAL TRANSFORMATION CAPTAIN Newsletter , gabung sekarang di : https://www.linkedin.com/newsletters/digital-transformation-captain-6962936298374389760/

Posting Komentar

0 Komentar