Telkom Resmikan Pusat Data di Ibu Kota Negara Baru, Ada Desa Digital

Telkom meresmikan Micro Edge Data Center NeuCentrIX Sepaku di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kehadiran pusat data ini untuk pengembangan ekosistem digital nasional, khususnya di IKN.

“Dengan kekuatan infrastruktur konektivitas dan platform yang Telkom Group miliki, kami optimistis dapat mendukung terwujudnya IKN sebagai kota cerdas terhubung langsung melalui jaringan serat optik kecepatan tinggi ke internet global,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dalam siaran pers, dikutip Senin (22/8).

NeuCentrIX akan terintegrasi ke dalam jaringan Telkom dan penyedia pusat data lainnya, serta kabel bawah laut global yang berada Manado dan Batam. NeuCentrIX diharapkan mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan pelanggan, mulai dari edge computing, platform, hingga akses ke layanan digital.

Proyek ini merupakan bagian dari ekosistem pusat data nasional yang tersebar dalam 7 klaster di seluruh Indonesia. NeuCentrIX Sepaku termasuk dalam klaster 6, yang juga mencakup kawasan Balikpapan, Banjarmasin, serta Pontianak.

Telkom juga mengimplementasi pemanfaatan infrastruktur ini untuk masyarakat Sepaku, dalam Smart Village Nusantara melalui sistem pelayanan desa, hingga digital community center Desa Bukit Raya. Program tersebut untuk meningkatkan literasi digital warga di kawasan setempat.

“Adanya data center ini bukan hanya untuk perusahaan teknologi maupun telekomunikasi, tapi lebih kepada bisa membantu perekonomian lokal melalui UMKM,” pungkas Komisaris Utama Telkom Bambang Brodjonegoro.

SUMBER     : https://id.techinasia.com/telkom-pusat-data-ikn


Silahkan bergabung dalam DIGITAL TRANSFORMATION CAPTAIN Newsletter , gabung sekarang di : https://www.linkedin.com/newsletters/digital-transformation-captain-6962936298374389760/

 

Posting Komentar

0 Komentar