Tim PKM Unsam Terapkan Teknologi Alat Ukur Suhu Tubuh Sistem IoT di Puskesmas Langsa Lama

 



Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Universitas Samudra (Unsam) melatih dan menyerahkan alat pengukur suhu tubuh pencitraan Thermal berbasis Internet of Things (IoT) di UPTD Puskesmas Langsa Lama.

Ketua Tim PKM Unsam, Munawir, SST, M.T didampingi anggota Novianda, ST, M.Si dan Irwansyah, ST, M.T kepada wartanusa.id, Selasa (16/08/2022) mengatakan kegiatan pelatihan kepada operator dan pegawai Puskesmas dilaksanakan pada tanggal 04-05 Agustus 2022.

Kegiatan pengabdian tersebut berjudul, “Penerapan Sistem Pengukuran Suhu Tubuh Menggunakan Pencitraan Thermal berbasis IoT (Internet of Things) sebagai Langkah Pencegahan Penyebaran  Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Langsa lama”.

Menurut Munawir, sistem pengukur suhu tubuh berbasis IoT ini dapat melakukan pengukuran suhu tubuh sepertinya halnya thermo gun. Akan tetapi alat dan sistem ini memiliki beberapa kelebihan dapat digunakan dengan tidak perlu melibatkan petugas sepertinya halnya thermo gun.

“Selain itu sistem ini dapat menyimpan data secara otomatis ke database serta dapat mendeteksi wajah dan mengcapture secara otomatis suhunya normal dan tidak normal dan disimpan di cloud (internet) sehingga dapat dimonitoring atau diakses dimana saja oleh petugas, sehingga dapat juga digunakan untuk mentracking covid-19,” papar Munawir.

Di akhir kegiatan, tim PKM Unsam menyerahkan perangkat pengukur suhu tubuh tersebut kepada Puskesmas Langsa Lama, agar dapat dipergunakan selain alat thermo gun yang dimiliki puskesmas tersebut.

“Harapan tim PKM dan Puskesmas sistem ini dapat membantu Puskesmas Langsa Lama dalam pengukuran suhu tubuh dalam pencegahan covid-19 walaupun saat ini sudah berkurang,” pungkas Munawir yang juga dosen Program Studi Informatika.

Sumber     : https://wartanusa.id/tim-pkm-unsam-terapkan-teknologi-alat-ukur-suhu-tubuh-sistem-iot-di-puskesmas-langsa-lama/26270/

Posting Komentar

0 Komentar