WIR Group dan APJII Tampilkan Kemajuan Transformasi Digital RI di Pertemuan DEWG



PT WIR Asia Tbk (WIR Group/WIRG) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menampilkan gambaran kemajuan transformasi digital Indonesia dari berbagai sektor pada ajang pertemuan Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Keempat dan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) yang berlangsung di Mulia Resort Hotel, Bali, 28 Agustus 2022.

WIR Group adalah perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR), virtual reality (VR, dan artificial intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara dan telah mendapatkan lima paten global untuk AR yang teregistrasi pada patent cooperation treaty (PCT). Adapun APJII adalah organisasi yang menaungi seluruh internet service provider dan pengguna nomor internet protocol (IP) publik di Indonesia,

Kerja sama WIR Group dan APJII ini merupakan langkah lanjutan setelah keduanya menandatangani nota kesepahaman untuk menampilkan kilasan konsep dari metaverse Indonesia di DEWG keempat, yang mencerminkan terwujudnya infrastruktur berbasis web 3.0 serta dunia metaverse di Indonesia.

“Kolaborasi ini merupakan langkah sinergis untuk menunjukkan kepada para peserta DEWG Keempat dari negara-negara G20 bahwa Indonesia telah memiliki infrastruktur andal yang mendukung sekaligus merepresentasikan kesiapan platform industri teknologi berbasis web 3.0 di Indonesia,” ujar Muhammad Arif, ketua umum APJII, dalam keterangan resmi, Senin (29/8/2022).

Dalam pertemuan DEWG Keempat dan DEMM, Industry Task Force (ITF) akan menampilkan adopsi teknologi digital Indonesia kepada seluruh delegasi dari negara anggota G20.  Dalam showcase ini, ITF akan menampilkan gambaran transformasi digital Indonesia dari berbagai sektor yang meliputi empat pilar transformasi digital, yaitu infrastruktur digital (digital infrastructure), pemerintahan digital (digital governance), ekonomi digital (digital economy) dan masyarakat digital (digital society) melalui 12 booth dari 12 perusahaan dan dua instansi pemerintah.

Menurut Muhammad Arif, metaverse yang berbasis teknologi AR, VR, dan AI akan memerlukan kesiapan jaringan dan kapasitas yang mampu mendukung platform internet berbasis teknologi Web 3.0.  “Kami di APJII tentunya akan selalu memberikan dukungan untuk  tumbuhnya ekosistem dan memberikan kontribusi pengembangan teknologi web 3.0 guna mendukung platfom Metaverse Indonesia yang akan ditampilkan saat Presidensi G20,” ujar dia.  

Dia menyatakan, merupakan tanggung jawab APJII untuk berupaya semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan DEWG yang menjadi showcase kemajuan adopsi teknologi digital metaverse di Indonesia dan pertemuan G20 dapat berjalan mulus.

Lebih lanjut Muhammad Arif menjelaskan, APJII memiliki peran penting dalam menghadirkan interkonektivitas, mengembangkan mekanisme operasional, teknis dan administratif untuk menjamin distribusi sumber daya internet di Indonesia.

“Kami di APJII dituntut untuk terus mengembangkan kemampuan jaringan dan koneksi internet, sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan manfaat dari perkembangan teknologi digital dan selalu in-tune dengan tren global serta memperoleh benefit yang maksimal,” jelas Muhammad Arif.

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang juga Ketua Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 Mira Tayyiba menambahkan, kerja sama berbagai pihak, seperti WIR Group dan APJII sebagai pelaku industri digital merupakan salah satu bentuk kolaborasi untuk pengembangan ekosistem digital nasional dan mendukung komitmen pemerintah dalam mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan.

“Teknologi digital telah menjadi komponen utama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” ujar Mira Tayyiba.

Sementara International Bussines & Government Relations Director WIR Group Yasha Chatab menjelaskan, langkah sinergis WIR Group dan APJII ini dapat memberikan benefit yang maksimal. Kerja sama ini merupakan langkah yang strategis karena dengan hadirnya platform teknologi berbasis Web 3.0 ini akan mendukung upaya perseroan dalam pengembangan metaverse Indonesia.



Digital Transformation Strategy 

Kita akan belajar langsung dari eduClass, prinsipal yang berbasis di Singapore ini merupakan mitra terpercaya pemerintah Singapore, dan ratusan kampus di Asia, dan lebih dari 2000 perusahaan di Asia. 

Bersama kita mendengarnya secara langsung dari Hangky Sumangkul dari eduClass Indonesia, yang akan berbagi pada Selasa, 30 Agustus 2022, jam 14.00 - 15.00 WIB

Segera daftarkan diri anda secara gratis di https://bit.ly/DTStrategy30Aug22

Sumber     : https://investor.id/it-and-telecommunication/304917/wir-group-dan-apjii-tampilkan-kemajuan-transformasi-digital-ri-di-pertemuan-dewg

Posting Komentar

0 Komentar