3 Hal yang Perlu Dioptimalkan Bangun Keamanan Siber

 



JAKARTA - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengatakan perlu optimalisasi terhadap tiga hal pokok dalam upaya membangun keamanan siber dan menutup celah kerentanan kebocoran data oleh peretas pada situs pemerintah.

"Perlu. Jujur saja untuk masalah digitalisasi," kata Hinsa di Kantor BSSN, Sawangan, Depok, Jawa Barat dilansir ANTARA, Selasa, 13 September.

Hinsa menanggapi kasus kebocoran data nasional oleh peretas yang mengaku sebagai "Bjorka". Optimalisasi terhadap tiga hal pokok dalam upaya membangun keamanan siber itu, lanjutnya, perlu dilakukan mengingat dampak pandemi COVID-19 membuat masyarakat secara masif memasuki ruang siber.

Pertama, katanya, perlu optimalisasi sumber daya manusia (SDM) dalam membangun keamanan siber. Sistem keamanan siber separuhnya ditopang oleh peran SDM yang mumpuni.

Dia mengatakan SDM Indonesia yang andal dalam menangani masalah siber perlu ditingkatkan. Hal itu menjadi sangat penting karena muncul paradigma baru dalam bermasyarakat yang kini hidup dalam era digital atau era ruang siber.

"Sumber daya manusia untuk yang mengawaki, ahli-ahli di bidang digital, banyak; tapi untuk masalah cyber security- perlu banyak juga," imbuhnya.

Kedua, lanjutnya, perlu optimalisasi prosedur, peraturan, sistem tata kelola, maupun standar-standar tertentu. Terkait hal tersebut, Hinsa berharap Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP) dapat segera disahkan, termasuk pentingnya merumuskan RUU tentang Keamanan dan Ketahanan Siber (KKS).

"Ketiga, baru teknologi," ujarnya.

Senin (13/9), Hinsa dipanggil Presiden Joko Widodo untuk mengikuti rapat internal bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Rapat internal tersebut digelar beberapa hari setelah korespondensi Presiden Jokowi diduga bocor di dunia maya.


Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:


Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 - 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming


Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

National Cybersecurity Connect 2022



www.ncsc.co.id

Sumber     : https://voi.id/berita/209459/3-hal-yang-perlu-dioptimalkan-bangun-keamanan-siber

Posting Komentar

0 Komentar