Apa Itu Solusi IT Monitoring? Dan Mengapa Penting Diadopsi Perusahaan?

 


Di era transformasi digital seperti saat ini, perusahaan/organisasi terus berlomba-lomba untuk mengakselerasi bisnisnya agar dapat lebih maju dan bersaing dengan kompetitor. Tentunya penggunaan teknologi terkini, seperti cloud computing dan IoT (Internet of Things), menjadi kunci utama bagi perusahaan di era transformasi digital.

Ketika mengadopsi teknologi terkini, monitoring alias pemantauan juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan perusahaan. Nah, solusi untuk monitoring terkait teknologi di perusahaan sendiri biasa disebut dengan IT (Information Technology) Monitoring. Lantas, apa itu IT Monitoring?

IT Monitoring adalah pemantauan ketersediaan dan kinerja di lingkungan IT. IT Monitoring menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti “Apakah server saya online?”, “Apakah data di jaringan saya sampai ke tempat yang seharusnya tepat waktu?” atau “Apakah firewall saya bekerja dengan andal?”.

Fungsi dasar dari IT Monitoring dapat dibagi menjadi empat tugas, yakni memperoleh data ketersediaan dan kinerja komponen IT, menyimpan data tersebut, memberi informasi dan peringatan berdasarkan ambang batas yang ditentukan, serta menghasilkan laporan terkait data tersebut.

Tentunya, terdapat banyak tugas tingkat lanjut pada area IT Monitoring. Salah satunya, termasuk menentukan akar penyebab masalah yang teridentifikasi (analisis akar masalah) atau mengenali tren dan membuat prediksi berdasarkan tren-tren tersebut.

Selain itu, tugas ini juga termasuk aspek keamanan seperti monitoring fungsi firewall atau pemindai virus, atau mengenali perilaku yang tidak biasa pada jaringan, yang disebut deteksi intrusi.

Terkait dengan solusi IT Monitoring, salah satu penyedia solusi ini yang populer yaitu Paessler. Beberapa waktu lalu, InfoKomputer pun berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Sebastian Krueger selaku Vice President for Asia Pacific, Paessler. Berikut ini hasil wawancaranya.

1. Mengapa solusi IT Monitoring penting diadopsi oleh sebuah perusahaan?

  • Solusi IT Monitoring mampu mendeteksi dan menganalisis perubahan, pola, tren dan anomali dalam infrastruktur IT. Perangkat solusi pemantauan memproses data yang dikumpulkan secara real-time dan mampu membantu memvisualisasikan data, sehingga dapat mengurangi upaya pengawasan secara manual. Selain itu, solusi ini mampu memberikan fungsi keamanan melalui pemantauan kinerja firewall atau pemindai virus dan mengidentifikasi perilaku yang tidak biasa dalam jaringan.
  • Solusi IT Monitoring mendukung pemantauan proses bisnis, sistem peringatan yang fleksibel, sejumlah antarmuka pengguna, pelaporan mendalam, pemantauan yang terdistribusi dan banyak lagi. Melalui pemantauan atas adanya perubahan ini dan menganalisisnya, solusi pemantauan membantu perusahaan menentukan akar penyebab masalah yang diidentifikasi (analisis akar penyebab) serta mengenali dan membuat prediksi berdasarkan tren yang berlangsung.

2. Apa keuntungan yang didapat perusahaan dari segi biaya, efisiensi dan proses bisnis secara keseluruhan ketika menggunakan solusi IT Monitoring?

  • Industri 4.0, digitalisasi yang besar dan konvergensi IT/Operational Technology (OT) semuanya mempengaruhi proses bisnis terhubung dan terikat dengan IT. Interkonektivitas menjadikannya penting untuk memiliki gambaran umum terpadu tentang seluruh infrastruktur pengguna Anda, baik itu IT, OT atau IIoT. Meningkatnya keterkaitan antara IT dan OT mendukung semua departemen, seperti teknisi, insinyur dan administrator sistem, mendapatkan akses ke data yang tepat, analisis akar masalah di seluruh sistem dan antarmuka dan keamanan siber menjadi prioritas. Pemahaman menyeluruh tentang seluruh lingkungan industri diperlukan untuk mengembangkan strategi keamanan siber yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan seluruh aspek.
  • Seperti dijelaskan sebelumnya, solusi pemantauan mampu mengumpulkan data secara real-time dan secara otomatis memvisualisasikan data. Oleh karena itu, melalui solusi pemantauan, bisnis dapat memperoleh manfaat dari kontrol dan pengawasan yang lebih baik terhadap infrastruktur dan proses IT mereka di satu tempat, serta wawasan yang lebih mendalam mengenai jaringan, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam prosesnya.

3. Peran apa yang dimainkan solusi IT Monitoring dalam membantu perusahaan meningkatkan skala bisnis dan mempertahankan upaya digitalisasi mereka?

  • Perkembangan terkini dalam industri IT telah didorong oleh digitalisasi. Data mesin menjadi semakin penting bagi seluruh bisnis sebagai akibat dari peningkatan otomatisasi, sehingga mesin menjadi lebih terhubung. Konsep dari dunia teknologi dan IT sedang diadopsi untuk OT. Oleh karena itu, tim OT semakin dihadapkan dengan tugas atau situasi terkait IT.
  • Dalam upaya digitalisasi mereka, bisnis memerlukan sistem manajemen yang efektif yang dapat mencakup berbagai proses dan prosedur dan menghemat sumber daya, sambil menempatkan sedikit beban keuangan pada anggaran departemen IT — inilah momen tepat bagi peran solusi pemantauan jaringan profesional.
  • Cara terbaik untuk mengelola lingkungan industri modern adalah melalui pemantauan jaringan secara holistik, yang memerlukan kombinasi sistem peringatan otomatis dan visibilitas. Ini memerlukan beberapa prosedur, termasuk mengumpulkan data dari semua area infrastruktur, memvisualisasikan data dalam perspektif yang informatif bagi tujuan, proyek dan tim yang berbeda-beda, hingga mengatur peringatan dan notifikasi. Solusi pemantauan yang baik harus mencakup semua prosedur ini. Misalnya, Anda tidak memerlukan alat untuk visualisasi dan memerlukan alat terpisah untuk peringatan dan pemberitahuan. Sebaliknya, satu solusi harus mengikat semuanya bersama-sama.

4. Bagaimana solusi IT Monitoring dapat menghemat waktu departemen TI agar dapat fokus pada inisiatif bisnis strategis dan mempersiapkan perusahaan untuk masa depan cloud-first?

  • Solusi pemantauan jaringan profesional dengan cakupan fungsional yang luas dan biaya yang terjangkau akan membantu menghemat anggaran finansial pada departemen IT, dengan kelebihan untuk menghemat waktu dan sumber daya.
  • Solusi pemantauan jaringan menawarkan lebih banyak kendali bagi personil IT atas bidang tanggung jawab mereka melalui sistem pemantauan menyeluruh pada seluruh infrastruktur jaringan dan sistem peringatan segera. Tim IT memiliki jaringan di bawah pengamatan konstan dan diberikan wawasan terperinci tentang proses jaringan dan penggunaan sumber daya individu. Status saat ini dan informasi rinci lainnya tersedia setiap saat. Karena beberapa solusi menyediakan akses jarak jauh atau aplikasi ponsel cerdas, administrator bahkan dapat menjaga jaringan mereka saat mereka tidak berada di lokasi. Ini secara signifikan mengurangi tekanan untuk seluruh departemen IT: selama tidak ada peringatan yang dilaporkan, personil dapat menganggap semuanya bekerja dengan lancar.

5. Misalnya, jika sebuah perusahaan sudah menerapkan sistemnya berbasis cloud secara 100%, bagaimana terkait dengan IT Monitoring-nya untuk seperti ini? Apa saja yang perlu di monitor?

  • Produk dari Paessler memungkinkan pengguna untuk memantau bisnis, pusat data dan lingkungan jaringan mereka untuk meningkatkan kinerja dan menghindari waktu henti (downtime) sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi mereka.
  • Untuk perusahaan dengan sistem 100% berbasis cloud, Paessler memiliki solusi pemantauan yang sesuai yakni PRTG Hosted Monitor. Solusi ini mampu memonitor IT di cloud; solusi pemantauan SaaS all-in-one - diselenggarakan oleh kami - untuk seluruh infrastruktur IT.

6. Bila sebuah perusahaan yang menggunakan solusi cloud dari beberapa vendor, atau sistemnya yang masih sebagian di cloud dan sebagian lagi di on-premise, apakah kompatibilitas layanan solusi monitoring IT untuk hal seperti itu?

  • Layanan pemantauan untuk perusahaan semacam itu memang ada, tetapi ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan perusahaan saat mencari alat pemantauan yang tepat:

- Biaya yang dapat dipantau untuk perangkat virtual apapun yang digunakan pada jaringan Internet.

- Alat pemantauan untuk perusahaan ini harus dapat secara teratur memeriksa dan memantau aksesibilitas di seluruh dunia secara permanen, untuk memastikan semua karyawan, pelanggan, dan mitra memiliki akses cepat ke sumber daya yang diperlukan setiap saat.

- Solusinya harus mampu menggabungkan data pemantauan TO dengan data TI, guna meminimalisir blind spot pada infrastruktur perusahaan dengan mengonsolidasi semua data pemantauan dalam satu alat.

- Solusinya perlu menggunakan pendekatan pemantauan terpadu, sehingga peralatan atau perangkat apa pun dengan alamat IP dapat dipantau, di mana pun komponen berada.

- Solusinya perlu menyediakan sistem manajemen notifikasi yang dikonfigurasi dengan benar. Dengan cara ini, administrator perusahaan selalu dapat memiliki wawasan tentang komponen infrastruktur kritisnya.

7. Skala perusahaan yang bisa menggunakan solusi IT Monitoring ini untuk ukuran berapa saja? (UMKM, startup atau perusahaan besar saja)

  • Paessler menawarkan solusi pemantauan untuk bisnis di semua industri dan semua ukuran, dari UKM hingga perusahaan besar. Berbagai macam industri dapat menggunakan solusi pemantauan kami, mulai dari perawatan kesehatan, industri IT & IoT, pendidikan, keuangan, pemerintahan dan banyak sektor lainnya.

8. Bisa dijelaskan rangkaian solusi IT Monitoring dari Paessler?

  • Paessler adalah pemimpin dalam pemantauan IT dengan lebih dari 500.000 instalasi. Didirikan pada tahun 1997 dan berkantor pusat di Nuremberg, Jerman, lebih dari 500.000 pengguna di lebih dari 170 negara mengandalkan PRTG dan solusi Paessler lainnya untuk memantau infrastruktur IT, OT dan IoT mereka yang kompleks hingga hari ini.
  • Rangkaian dari Paessler memungkinkan pengguna untuk memantau bisnis, pusat data, dan lingkungan mereka untuk meningkatkan kinerja dan menghindari waktu henti sekaligus mengurangi konsumsi energi dan emisi mereka. Solusi pemantauan yang disediakan Paessler meliputi:

- PRTG Network Monitor – memantau seluruh infrastruktur IT dan mengoptimalkan infrastruktur IT intinya, seperti memantau sistem, perangkat, lalu lintas dan aplikasi pengguna. Solusi ini cocok untuk memantau infrastruktur skala kecil dan menengah.

- PRTG Enterprise Monitor – memantau infrastruktur IT besar, lingkungan, proses bisnis dan layanan di berbagai lokasi.

- PRTG Hosted Monitor – memantau TI di cloud; sebuah solusi pemantauan SaaS dari A-Z - diselenggarakan oleh kami untuk seluruh infrastruktur IT.

9. Bagaimana faktor sekuriti dari solusi yang ditawarkan Paessler? Mengingat faktor ini sangat penting diperhatikan perusahaan

  • Diperlukan strategi keamanan siber yang baik, mencakup semua area, dan ini dapat tercapai dengan memiliki gambaran umum tentang lingkungan industri secara keseluruhan.
  • Solusi pemantauan IT juga berkontribusi signifikan terhadap keamanan jaringan. Jika solusi melaporkan lonjakan penggunaan CPU secara tiba-tiba atau jika tingkat lalu lintas tiba-tiba berubah secara signifikan dari biasanya, ini bisa menjadi petunjuk penting bagi staf IT tentang kemungkinan serangan malware atau phishing. Perangkat lunak pemantauan jaringan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam konsep keamanan yang ada dan sudah dilengkapi dengan pemindai virus, firewall dan lain-lain, untuk memberikan keamanan tambahan.
  • Faktanya, firewall dan pemindai virus tidak selalu cukup untuk menjamin keamanan jaringan secara menyeluruh. Perusahaan yang mengintegrasikan solusi pemantauan jaringan ke dalam strategi keamanan mereka dapat menemukan potensi bahaya pada jaringan perusahaan bahkan di tahap awal. Solusi pemantauan juga berkontribusi aktif dalam membangun keamanan, karena memungkinkan pengawasan terhadap pengaruh aktivitas jaringan di lingkungan dan area sekitarnya.


Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:


Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 - 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming


Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

National Cybersecurity Connect 2022



www.ncsc.co.id


Posting Komentar

0 Komentar