Aruba: Saatnya Modernisasi Jaringan, Ini Tiga Prinsip Utamanya



 Menggelar konferensi tahunan Aruba Atmosphere'22 SEATH dan India di Bangkok, Thailand, Aruba menekankan perlunya perusahaan melakukan modernisasi jaringan, terutama dalam menjawab tantangan lingkungan hybrid saat ini.

Jaringan statis tidak lagi memadai untuk memenuhi tuntutan bisnis saat ini. Terutama di tengah transformasi bisnis yang sedang gencar dilakukan oleh berbagai organisasi dan perusahaan. 

"Ketika kondisi new normal ditandai dengan strategi hybrid cloud, berkembangnya lingkungan IoT, dan remote working, maka konektivitas adalah kunci di dunia yang disconnected ini,” jelas Steve Wood, Vice President, APJ, Aruba, perusahaan Hewlett-Packard Enterprise.

Selanjutnya, Steve menekankan pada kemampuan perusahaan untuk membangun konektivitas di mana saja dan kapan saja. 

Senada dengan Steve Wood, David Hughes, Chief Product and Technology Officer, Aruba memaparkan dua pelajaran penting dari pandemi COVID-19, yaitu bersiap untuk apa pun (ready for anything) dan koneksi adalah segalanya (connection is everything).

David pun menjelaskan sejumlah tantangan yang dihadapi banyak perusahaan di era new normal saat ini. Tidak hanya cara kerja hybrid yang menjadi tuntutan, perusahaan juga dihadapkan pada tantangan akselerasi transformasi digital, pengalaman yang lebih personal, dan efisiensi.

Tiga "Ramuan" Modernisasi Jaringan

Untuk itu, Aruba menyarankan agar organisasi dan perusahaan melakukan modernisasi terhadap jaringan agar dapat mendukung upaya transformasi digital dan adaptasi terhadap cara kerja hybrid.   

"Saat berfokus pada modernisasi jaringan, perusahaan yang memprioritaskan transformasi digital dan akselerasi akan mampu mengatasi berbagai tantangan yang ditimbulkan oleh orkestrasi, pengelolaan dan keamanan jaringan, sehingga mereka dapat mendorong pertumbuhan bisnisnya,” jelas Steve Wood di harapan para peserta Aruba Atmosphere'22 SEATH dan India.

Untuk membangun jaringan yang modern, Aruba menerapkan tiga prinsip utama: ketangkasan (agility), automasi (automation), dan keamanan (security).

Ketangkasan diperoleh melalui penerapan network-as-a-service (NaaS) yang semakin mudah bagi berbagai organisasi dan perusahaan. Selain mendorong arsitektur masa depan yang unified, cloud-native, dan standard-based, penerapan NaaS juga disebut Aruba akan membantu optimalisasi anggaran dan staf.

Sedangkan automasi dirancang untuk mewujudkan workflow yang lebih sederhana. Tambahan artificial intelligence pada automasi akan membantu perusahaan menghemat waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk merencanakan, menerapkan, dan mengelola jaringan yang mendukung konektivitas remote, di cabang, di kampus, dan di cloud.

Di sisi keamanan, Aruba menekankan pentingnya memiliki kemampuan mendeteksi ancaman dan memberikan perlindungan, dengan memanfaatkan kerangka kerja zero trust dan SASE (Secure Access Service Edge). Proteksi terhadap jaringan modern dilakukan dengan cara memanfaatkan access control yang identity-based dan Dynamic Segmentation.

Produk dan Peningkatan

Di ajang yang menjadi tempat bagi perusahaan dari berbagai industri di kawasan Asia Tenggara untuk mendalami berbagai best practice di industri ini, Aruba juga mengumumkan sejumlah produk dan layanan baru, serta peningkatan pada produk yang sudah ada.

Salah satunya adalah indoor access point pertama di industri yang mampu melakukan self-locating. Perangkat ini mengusung GPS receiver dan Open Locate, standar industri baru untuk membagikan informasi lokasi dari aacess point ke perangkat. 

Untuk membantu perusahaan dalam memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berubah, Aruba melakukan peningkatan kemampuan terhadap Aruba Edge Service Platform (ESP), melalui Aruba Central NetConductor.

Fungsi yang diusung NetConductor memungkinkan perusahaan melakukan sentralisasi pengelolaan jaringan terdistribusi sehingga menyederhanakan policy provisioning dan mengotomatisasi konfigurasi jaringan pada infrastruktur label, nirkabel, maupun WAN. 

Aruba juga mengumunkan bahwa platform Aruba EdgeConnect Enterprise SD-WAN juga mendapatkan sertifikasi ICSA Labs Secure SD-WAN Certification dan menjadi yang pertama menerima sertifikasi itu di market SD-WAN. 




Ikuti Industrial Forum "Penerapan METAVERSE dalam pengembangan SMART CITY"


Dalam rangkaian Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) akan dibahas tema menarik mengenai METAVERSE. Bagaimana penerapannya di kota / kabupaten anda ?

Segera pastikan kehadiran anda di Kamis 6 Oktober 2022, jam 13-16 WIB, di Conference Room Hall A, Jakarta Convention Center. 


Daftarkan diri anda segera di www.iismex.com

Sumber     : https://infokomputer.grid.id/read/123488558/aruba-saatnya-modernisasi-jaringan-ini-tiga-prinsip-utamanya?page=2

Posting Komentar

0 Komentar