BSSN: Dibutuhkan 18 Ribu Personel SDM untuk Keamanan Siber

 




Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) merespons mengenai kesiapan talenta Indonesia dan infrastruktur dalam penguatan keamanan siber. BSSN tengah melakukan pembangunan dan pengembangan kekuatan sumber daya manusia Indonesia melalui perumusan Peta Okupasi Nasional Keamanan Siber.
 
"Peta Okupasi Nasional Keamanan Siber telah dilaunching pada 12 Desember 2019 dan berisi beragam profesi dengan kemampuan dan keterampilan spesifik untuk mengampu seluruh spektrum pengamanan ranah siber," kata kata juru bicara BSSN Ariandi Putra melalui keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Minggu, 18 September 2022.
 
Peta okupasi nasional keamanan siber, kata Ariandi, berguna untuk memetakan berbagai profesi berbasis keahlian terkait keamanan siber berdasarkan standar kompetensi, kualifikasi, dan level kompetensi nasional. Berdasarkan analisis BSSN, kebutuhan SDM keamanan siber di seluruh instansi kementerian/lembaga mencapai 8.250 orang.

Sedangkan kebutuhan SDM keamanan siber di sektor industri mencapai 9.804 orang. Sehingga, total kebutuhan personil SDM keamanan siber mencapai 18.054 orang.
 
"BSSN secara khusus juga membentuk SDM keamanan siber melalui Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)," kata dia.

Politeknik SSN, kata dia, memiliki 3 (tiga) program studi, yaitu rekayasa keamanan siber, rekayasa kriptografi, dan rekayasa perangkat keras kriptografi yang setiap tahunnya meluluskan 100 orang sarjana terapan di bidang keamanan siber.
 
Dalam hal pengembangan kapasitas SDM, Ariandi mengatakan BSSN melalui Pusat Pengembangan SDM Keamanan Siber dan Sandi menyelenggarakan program Training of Trainer (ToT) yang dilengkapi dengan Simulator Smart City dan Cyber Security Online Simulation Platform (CSOSP).
 
"Smart City dan CSOSP menyediakan sarana pendukung kegiatan peningkatan kompetensi SDM keamanan siber dalam hal proses tanggap insiden siber dalam bentuk platform laboratorium simulasi," kata dia.



Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:


Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 - 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming


Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

National Cybersecurity Connect 2022



www.ncsc.co.id


Posting Komentar

0 Komentar