CCTV dengan Kecerdasan Buatan Akan Dipasang di Kota Lama Semarang

 


Sejak tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang telah mulai melakukan pemutakhiran terhadap proses digitalisasi di kotanya dari sisi CCTV-nya. Pasalnya, Pemkot Semarang sudah mulai menerapkan sistem analisa otomatis CCTV alias CCTV analitik sejumlah sudut wilayahnya. Bahkan di Tahun 2021, metode CCTV analitik juga membantu proses penganalisaan kondisi lapangan agar pemkot bisa melakukan penanganan, salah satunya adalah ketika terjadinya banjir. Menariknya, Pemkot Semarang saat ini tengah melirik untuk melakukan upgrade terhadap CCTV analitiknya dengan memasangkan kamera CCTV yang memiliki fitur kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence atau AI.

Salah satu lokasi yang saat ini dipastikan akan dipasangkan CCTV AI adalah di kawasan Kota Lama Semarang. Di mana pihak Pemkot Semarang mengungkapkan bahwa kamera ini akan menunjang aktivitas analisa dari CCTV analitik yang tentu saja tujuan utamanya demi memastikan keamanan sekaligus kenyamanan pengunjung yang berwisata ke area wisata bersejarah tersebut.

CCTV dengan Kecerdasan Buatan Akan Dipasang di Kota Lama Semaran g.jpg

“CCTV khusus ini akan dipasang di beberapa titik guna memperkuat dan memberikan data analisa,” ungkap Komisaris PT Energi Amerta Nusantara Andrew Prayudi, sebagaimana dikutip dari Semarangkota.go.id (14/9/2022).

Andrew melanjutkan, sebenarnya dari sisi CCTV yang terpasang di kawasan Kota Lama Semarang terbilang sudah memadai dari jumlahnya tapi tetap membutuhkan penunjang guna memperkuat data analisa. Hal ini tentu saja sejalan dengan konsep kota pintar alias smart city yang digaungkan di Kota Lumpia ini. Dari sisi pengolahan data analitiknya, Pemkot Semarang disebut juga akan dibantu oleh pihak universitas.

Potensi keamanan yang lebih baik dipandang juga dapat dibantu dengan keberadaan CCTV AI ini. Mengingat kamera ini juga tetap mampu merekam kejadian dengan durasi 20 menit dan pada rekaman itu akan dimunculkan data seperti gendernya hingga usianya. Tak lupa CCTV dengan kecerdasan buatan ini juga dapat membantu monitoring temperatur, perubahan tingkat cahaya, hingga desibel suara di lokasi.

Namun hal yang digarisbawahi oleh Andrew terkait pemasangan CCTV AI ini adalah memang untuk keamanan yang mungkin saja dapat berpengaruh terhadap layanan untuk publik. “Termasuk ini untuk memperkuat jika ada cyber attack, baik dari berupa ancaman kecil, sampai benar benar punya resiko tinggi,” tambah Andrew.


Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:


Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 - 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming


Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

National Cybersecurity Connect 2022



www.ncsc.co.id

Posting Komentar

0 Komentar