Data Center Dominasi Serapan Lahan Industri di Jakarta

 


Sejak tahun lalu, Knight Frank Global menyebut sektor industri menjadi yang paling berkembang hingga saat ini. Selain itu, Knight Frank Asia Pasifik juga memprediksi sektor industri, terutama logistik dan data center sangat berpotensi.
 
Data mencatat rerata pertumbuhan harga sewa pergudangan modern yang meningkat sekitar tiga persen di paruh pertama 2022 (yoy). Jakarta juga disebut sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan logistik yang cenderung stabil di 2,8 persen.
 
Hasil riset terbaru dari Jakarta Property Highlight mengatakan pada paruh pertama 2022, total penjualan sektor industri tercatat di 67,25 persen dengan total luasan lahan industri yang terserap di Jabodetabek adalah 133 hektare di awal 2022.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?HappyInspireConfuseSad
Sementara itu, kawasan Bekasi masih menjadi yang menyerap lahan industri terbesar, yaitu sekitar 38 persen dari total serapan lahan industri di Jabodetabek.
 
Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan total stok kawasan industri meningkat tipis dari ekspansi land bank yang ada. Sementara untuk harga tidak terdapat perubahan berarti, meski masih bisa terlihat terdapatnya peningkatan pada submarket koridor timur.
 
"Temuan menarik lainnya adalah adanya serapan lahan yang terus bertambah dari sektor pusat data (data center). Jakarta Property Highlight menyebutkan juga dalam dua tahun terakhir, data center mendominasi serapan lahan industri di koridor timur," jelasnya dalam paparan secara virtual, Rabu, 31 Agustus 2022.

Property and Engineering Management Knight Frank Indonesia Toni Peredina menambahkan, secara teknis pengelolaan ruang dan manajemen risiko untuk lahan atau bangunan yang dimanfaatkan oleh data center harus berdasarkan standarisasi Health, Safety and Environtment (HSE) yang ketat.
 
"Hal ini penting karena data center dengan kualitas internasional yang memiliki tier 4 hanya boleh memiliki downtime 30 menit selama setahun atau uptime sebanyak 99,995 persen dalam setahun," ungkapnya.
 
Jakarta Property Highlight terbaru juga menyebutkan sektor industri masih tercatat berperforma terbaik dibanding sektor properti lainnya pada paruh periode pertama 2022.
 
Country Head Knight Frank Indonesia Willson Kalip memprediksi sektor industri akan terus tumbuh di tengah pandemi dan berhadapan dengan berbagai tantangan ekonomi lainnya di kancah global.
 
"Dibandingkan dengan paruh pertama tahun lalu, transaksi pada paruh pertama tahun ini meningkat melalui kegiatan lini bisnis pusat data, kimia, dan logistik sebagai generator utama saat ini," ujarnya.


Mengundang semua IT Infrastructure specialist untuk bisa hadir dalam webinar "Network Configuration, Why Important" - 07 Sep 2022, jam 14-15 WIB. Register di https://bit.ly/BBI7sep22



Posting Komentar

0 Komentar