Digitalisasi Memunculkan Standar Etika Baru dalam Berjejaring

 


Saat ini kita sedang ada di era Artificial Intelligence (AI) sekaligus kecerdasan buatan manusia menjadi syarat mutlak bagi peradaban kehidupan. Kehidupan selama 24 jam bahkan hampir seluruhnya bergantung pada internet, mulai dari bangun tidur sudah melihat layar ponsel pribadi. 

"Analoginya kita hidup di dua dunia langsung yang dulu mengenal hanya ruang nyata atau ruang fisik, bagaimana kita bertatap muka secara langsung berinteraksi face to face tetapi kita sekarang juga mengenal ruang digital yang sangat terbantu dengan adanya teknologi," ujar Dosen Praktisi Program Magister UNAIR dan HR Profesional, Rovien Aryunia saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis (15/9/2022).

Namun, dengan perbedaan kultural yang ada, interaksi antarbudaya serta perbedaan geografis membuat munculnga standart baru dalam beretika.

Dikenal sebagai netiket atau etika berjejaring merupakan tata krama menggunakan internet yang urgensinya karena pengguna internet berasal dari berbagai macam negara dengan perbedaan bahasa, budaya dan adat istiadat. 

"Idealnya etika di ruang nyata sama dengan etika di ruang digital," tambah Rovien. 

Apalagi berhubungan dengan etika saat ini warganet tak segan-segan untuk berkomentar kasar dan berkata tidak sopan di unggahan dan kolom komentar. Perilaku yang termasuk dalam cyberbullying tersebut akan berdampak pada penerima pesan, bisa merasa kesal, malu, bodoh, bahkan marah. Secara emosional juga akan membuat seseorang kehilangan minat pada hal-hal yang disukai. Dalam kasus ekstrim cyberbullying menyebabkan seseorang mengakhiri nyawanya sendiri. 



Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:


Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 - 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming


Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

National Cybersecurity Connect 2022



www.ncsc.co.id

Sumber    : https://wartaekonomi.co.id/read444970/digitalisasi-memunculkan-standar-etika-baru-dalam-berjejaring

Posting Komentar

0 Komentar