Inovasi Smart City, Jombang bersiap transformasi layanan digital





Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menandatangani Masterplan pembangunan Jombang Smart City 2023-2032. Panandatanganan dilakukan di ruang pertemuan Bung Tomo, Kantor Pemkab Jombang, Selasa (20/09/2022).

Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Jombang ini merupakan bagian dari serangkaian program pendampingan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak bulan Februari 2022.

Kabupaten Jombang terpilih sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota se Indonesia untuk difasilitasi dalam perencanaan dan implementasi smart city tahun ini.

Program nasional gerakan menuju smart city ini selaras dengan arah kebijakan transformasi digital nasional, yang berfokus pada percepatan penyediaan infrastruktur digital, penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik, pengembangan talenta digital, serta percepatan perwujudan ekosistem ekonomi digital.

Selama empat bulan terakhir, perwakilan dari OPD serta perwakilan dari komunitas, forum masyarakat, pelaku usaha, BUMN, serta akademisi telah mengikuti rangkaian bimbingan teknis dan diskusi dalam menyusun berbagai program kerja inovatif dan rencana aksi smart city.

Tenaga Ahli Kementerian Kominfo sekaligus pembimbing smart city Kabupaten Jombang Hari Kusdaryanto mengatakan, prakarsa smart city seyogyanya bisa meningkatkan kualitas layanan, menjawab permasalahan prioritas, serta meningkatkan daya saing daerah.

“Berbagai rencana program kerja yang tertulis dalam Masterplan akan dievaluasi oleh lintas Kementerian setiap tahun, baik dengan menanyakan langsung dampaknya kepada masyarakat penerima manfaat, maupun kepada tim pemerintah daerah sebagai pelaksana,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menyampaikan, dengan adanya masterplan ini implementasi program smart city bisa terarah dan secara kelembagaan semakin benderang peran strategis dari masing masing pihak, sehingga mampu mempercepat pencapaian. Yakni visi bersama mewujudkan Jombang berkarakter dan berdaya saing.

“Alhamdulillah, selain menyusun lebih dari 30 inovasi smart city hingga jangka menengah dan jangka panjang, Kabupaten Jombang telah memilih 6 (enam) inovasi unggulan (quick wins) untuk tahun ini,” paparnya.

Diantaranya, sambung dia, layanan di sektor pemerintahan dan layanan publik bagi masyarakat.

“Dimana harapan pemerintah kabupaten dari 6 dimensi smart city bisa ditindaklanjuti oleh Kabupaten Jombang,” imbuhnya.

Bupati menambahkan, penandatanganan komitmen merupakan langkah awal untuk pelaksanaan kerja kolaboratif yang nyata di lapangan. Dukungan, konsistensi, dan partisipasi aktif lintas perangkat daerah, serta berbagai komponen masyarakat menjadi kunci keberhasilan program Jombang Smart City.

“Kabupaten Jombang sudah memiliki modal besar yang cukup untuk menyelenggarakan smart city berupa program quick win yang telah ditetapkan dan didukung dengan kebijakan daerah, kesiapan SDM, kearifan lokal dan prasarana teknologi infokom, tinggal perlu untuk terus ditingkatkan dan menguatkan komitmen bersama,” tambahnya.

Ia meminta kepada perangkat daerah yang membidangi untuk bersungguh-sungguh, nantinya dalam melaksanakan implementasi program, dan berkomitmen untuk mendukung proses pengembangan Jombang Smart City yang efektif, efisien, inklusif, dan partisipatif.

“Ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, agar prosesnya efektif juga partisipatif,” pungkas Mundjidah.

Agenda penandatanganan komitmen bersama menuju Jombang Smart City dihadiri Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Direktur Layanan Aplikasi Informasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang diwakili oleh Muhamad Fahrurozi bersama tim tenaga ahli dan narasumber penyusunan masterplan kota cerdas (Smart City), Asisten, Staf Ahli, dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Jombang, Perwakilan Akademisi, organisasi masyarakat, dunia usaha, dan tokoh masyarakat.





Ikuti Industrial Forum "Penerapan METAVERSE dalam pengembangan SMART CITY"

Dalam rangkaian Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) akan dibahas tema menarik mengenai METAVERSE. Bagaimana penerapannya di kota / kabupaten anda ?

Segera pastikan kehadiran anda di Kamis 6 Oktober 2022, jam 13-16 WIB, di Conference Room Hall A, Jakarta Convention Center. 


Daftarkan diri anda segera di www.iismex.com


Sumber     : https://www.lensaindonesia.com/2022/09/21/inovasi-smart-city-jombang-bersiap-transformasi-layanan-digital.html

Posting Komentar

0 Komentar