Menilik Fitur-fitur Terbaru di JAKI



Memperkuat perannya sebagai super apps yang menyediakan informasi dan layanan terintegrasi bagi warga Jakarta, JAKI baru saja merilis beberapa fitur baru. Fitur tersebut antara lain Ruang Ketiga, Digital ID, JakTransport, dan JakEmisi. Apa saja yang bisa kamu akses dengan fitur ini? Yuk, tilik satu-satu fitur baru ini.

Ruang Ketiga: Daftar untuk Berkunjung ke Ruang Publik Jakarta 

Barangkali di antara Smartcitizen ada yang belum familiar dengan istilah ruang ketiga. Ruang ketiga merupakan istilah bagi ruang alternatif yang bisa menjadi tempat berkegiatan warga Jakarta. Jika sehari-hari warga biasanya berkutat di ruang pertama yakni rumah maupun ruang kedua seperti sekolah atau kantor, maka ruang ketiga dapat menjadi tempat untuk menghidupkan kembali interaksi warga, baik dalam satu komunitas atau bahkan lingkungan sekitar. 

Ruang ketiga berupa ruang publik di Jakarta yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatanmu, seperti jalur pejalan kaki, akses internet gratis melalui JakWifi, hingga akses transportasi umum yang mudah. Namun, untuk berkunjung ke beberapa ruang ketiga di Jakarta, biasanya dibutuhkan pendaftaran terlebih dahulu agar kenyamanan pengunjung tetap terjaga. Nah, melalui fitur Ruang Ketiga di JAKI, kamu dapat mendaftar secara online. Sejauh ini, ruang ketiga yang dapat kamu akses melalui JAKI yakni Tebet Eco Park dan JakLitera, yakni sekumpulan perpustakaan milik Pemprov DKI Jakarta. 

Bagaimana cara mendaftarnya? Pertama, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi JAKI di smartphone. Buka aplikasi. Kemudian, gulir laman utama hingga menemukan menu Ruang Ketiga. Klik Daftar Sekarang pada Tebet Eco Park atau JakLitera. Jika memilih Tebet Eco Park, kamu akan diminta membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan. Masukkan jumlah pengunjung, pilih tanggal, dan sesi kunjungan. Selanjutnya, isi identitas diri. Kamu pun akan langsung terdaftar. Jika memilih JakLitera, kamu perlu melakukan login akun terlebih dulu. Bila sudah masuk ke akunmu, kamu dapat mengikuti arahan di aplikasi untuk mendaftar ke perpustakaan atau meminjam buku yang diinginkan. Selesai, deh! Setelah terdaftar, kamu dapat berkunjung ke perpustakaan sesuai jadwal yang telah kamu pilih.

Digital ID: Dapatkan Layanan dan Informasi Terpersonalisasi 

Selain sebagai platform informasi dan layanan satu pintu, aplikasi JAKI kini dipersiapkan untuk menjadi akun digital bagi warga Jakarta. Dengan Digital ID, warga dapat mengakses data keluarga, dokumen kependudukan dan dokumen hasil integrasi NIK lainnya, serta mendapatkan informasi terpersonalisasi. Warga juga akan lebih dimudahkan karena identitas mereka dapat disimpan di perangkat masing-masing. 

Cara akses Digital ID pun gampang. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti: 

  1. Setelah memiliki akun JAKI dan berhasil login, klik Profil;
  2. Lakukan verifikasi NIK;
  3. Isi Nama Lengkap sesuai KTP, NIK, dan lampirkan foto kartu identitas;
  4. Lakukan swafoto dengan kartu identitas, lalu klik Ambil Foto;
  5. Arahkan wajah dan kartu identitas ke kamera;
  6. Jika foto sudah sesuai, klik Sesuai;
  7. Kamu akan diarahkan ke laman konfirmasi data diri. Centang pernyataan persetujuan, klik Konfirmasi;
  8. Permohonan Verifikasi NIK berhasil dikirim. 

Setelah NIK terverifikasi, barulah kamu dapat mengakses berbagai informasi terpersonalisasi, seperti Informasi Rumah, Kesehatan, Ketahanan Pangan, Status DTKS, Sosial, dan Pendidikan. Pada menu informasi rumah, kamu dapat mengakses alamat domisili dan status RW Kumuh. 




Strategi transformasi digital di industri manufactur akan membahasa berbagai macam topik di antaranya apa itu digital transformasion dan dampaknya bagi industri serta menyiapkan infrastructure teknologi untuk transformasi menuju industri 4.0. 

Temukan pembahasan lengkapnya dalam seminar offline pada :

Hari, Tanggal : Rabu, 14 September 2022

Jam : 13.00 - 17.00 WIB

Lokasi Acara : Hotel Grandsol Marina, Tangerang


Narasumber : 

1. Yoki Mulyadi Wijaya - B2B Sales Manager TPLink

2. Herry Rumawatine S.H, M.AP - Ketua APINDO Tangerang

3. Fanky Christian - Ketua APTIKNAS, Direktur PT. Daya Cipta Mandiri

4. Demi Heezen - Leadership Coach Excelent Founder Skill2max

5. Yolanda Roring - Moderator Founder Yorindo Communication


Daftarkan diri anda segara : https://bit.ly/DTFSmartManufacturing14Sept


Dapatkan Doorprize dan benefit seperti sertifikat, konsultasi dan souvenir.


#smartmanifacturing #strategitransformasi #manufacturing #infrastructurdigital #digitaltransformation #indonesia 4.0 #seminar #aptiknas #apindo #yorindo

Sumber     : https://smartcity.jakarta.go.id/id/blog/menilik-fitur-fitur-terbaru-di-jaki/

Posting Komentar

0 Komentar