Operasi Kanker Prostat Menggunakan Teknologi Robotik Ada di Indonesia

 


JAKARTA - Masyarakat tidak perlu lagi ke luar negeri demi mendapatkan penanganan gangguan prostat. Kini ada teknologi robotik yang mampu menangani gangguan itu. Saat ini, RSU Bunda Jakarta Urology Center menjadi pelopor teknologi bedah robotik tersebut. Dokter spesialis urologi RSU Bunda Jakarta Sigit Sholichin mengatakan deteksi dini menjadi kunci keberhasilan penanganan kanker prostat.


Secara umum, makin dini penanganan kanker dilakukan, angka keberhasilannya juga makin tinggi. Dari deteksi dini, sebagian kecil ditemukan kanker prostat. Selebihnya adalah gangguan prostat yang bersifat jinak. "Kami menawarkan satu layanan penanganan gangguan prostat dalam satu paket layanan yang terintegrasi mulai dari diagnostik sampai terapi yang mutakhir. Dimulai dari konsultasi di klinik oleh dokter spesialis yang kompeten dengan fasilitas lengkap," ujarnya, Kamis (1/9). Menurut dia, layanan diagnostik dengan fasilitas radiology diagnostic bisa melakukan MRI (magnetic resonance imaging) prostat hingga tindakan biopsi prostat dengan akurasi tinggi dengan menggunakan alat robotic prostate biopsy.

"Untuk gangguan jinak atau BPH (benign prostatic hyperplasia, red), RSU Bunda Jakarta menggunakan teknologi laser untuk operasi.Untuk kanker prostat, menggunakan teknologi robotik untuk operasi radikal prostat yang saat ini menjadi satu-satunya RS di Indonesia sebagai penyedia teknologi robotic surgery," ungkap Sigit. Dia menambahkan RSU Bunda ingin mengajak semua stakeholder bersama-sama membangun prostate network demi memberi pelayanan terbaik untuk seluruh lapisan masyarakat.

"RSU Bunda Jakarta sebagai bagian dari BMHS Bundamedik Health care System (BMHS) telah bekerja sama dengan institusi pendidikan terkemuka di Indonesia sehingga secara kualitas lebih terukur," ucap Sigit. Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah edukasi dalam komunitas-komunitas yang menjadi bagian dari pasien. "Diharapkan hal tersebut bisa meningkatkan pemahaman pasien yang lebih dalam terhadap masalah seputar gangguan prostat," kata Sigit.


Mengundang semua IT Infrastructure specialist untuk bisa hadir dalam webinar "Network Configuration, Why Important" - 07 Sep 2022, jam 14-15 WIB. Register di https://bit.ly/BBI7sep22


Sumber     : https://www.jpnn.com/news/operasi-kanker-prostat-menggunakan-teknologi-robotik-ada-di-indonesia-mantap?page=2

Posting Komentar

0 Komentar