Pemerintah Segera Mulai Pembangunan Pusat Data Nasional

 


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, pemerintah akan memulai pembangunan Pusat Data Nasional (PDN) pertama se-Indonesia di wilayah Jabodetabek. "Pengembangan atau pembangunan infrastruktur digital juga dilakukan di sisi hilir di mana dalam waktu yang tidak lama lagi Pemerintah akan memulai pembangunan Pusat Data Nasional atau government cloud," kata Plate di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (20/9/2022). Plate mengatakan, selain di Jabodetabek, PDN lainnya akan dibangun di Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Plate, pemerintah telah memiliki lahan di dua daerah tersebut untuk menjadi lokasi pembangunan PDN. Di luar dua tempat tersebut, pemerintah akan membangun PDN di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Labuan Bajo. "Jadi totalnya ada 4, kita rencanakan untuk dibangun di Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara dan di Labuan Bajo, kita harapkan juga dapat segera menyusul untuk proses pembangunannya," kata dia. Plate mengatakan, PDN yang hendak dibangun nasional dirancang memiliki standar tertinggi pada standar global yakni tier IV dan tidak akan terputus saluran listriknya. "Tier IV adalah standar tertinggi pusat data agar secara aman dan optimal dapat mendukung kebutuhan infrastruktur digital bagi pelaksanaan electrornic government dan Satu Data Indonesia," ujar Plate.

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Aplikasi Informatikan Kemenkominfo, PDN merupakan sekumpulan pusat data yang digunakan secara bagi pakai oleh instansi pusat dan pemerintah daerah, dan saling terhubung. PDN terdiri dari pusat data Kemkominfo dan pusat data instansi pusat serta pemerintah daerah yang memenuhi persyaratan tertentu.





Ikuti Industrial Forum "Penerapan METAVERSE dalam pengembangan SMART CITY"

Dalam rangkaian Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) akan dibahas tema menarik mengenai METAVERSE. Bagaimana penerapannya di kota / kabupaten anda ?

Segera pastikan kehadiran anda di Kamis 6 Oktober 2022, jam 13-16 WIB, di Conference Room Hall A, Jakarta Convention Center. 


Daftarkan diri anda segera di www.iismex.com

Posting Komentar

0 Komentar