Pentingnya Transformasi Digital pada UMKM untuk Bisa Bertahan

 




Bagi UMKM, bangkit dari pandemi menjadi sebuah keharusan. Bagaimana pun, ada banyak pelaku usaha ini yang terdampak hingga membuat bisnis yang dirintis berjalan melambat, bahkan berhenti sama sekali. Menurut survei Bank Indonesia, 87,5 persen dari total UMKM di Indonesia terdampak pandemi Covid-19. Hampir seluruhnya mengalami dampak negatif pada sisi penjualan. Seiring berjalan waktu dan pemulihan pandemi yang ada, sistem transaksi yang dilakukan oleh kelompok konsumen pun ikut berubah. Kita lebih akrab menggunakan sistem transaksi digital karena batasan-batasan yang dialami selama masa pandemi.

Perubahan ini mengharuskan pelaku usaha ikut beradaptasi dan mulai beralih ke platform digital dalam memasarkan produk atau jasanya. Dilansir dari sahabatumkm.id, ada empat kiat yang dapat dilakukan untuk bertransformasi digital:

 1. Memilih Platform Media yang Cocok dengan Usaha Anda 

Memilih platform media yang cocok dengan produk Anda sangat penting. Hal ini karena pemilihan platform tersebut berhubungan dengan strategi branding usaha yang dikembangkan. 


2. Membuat Profile tentang Produk atau Jasa yang Dipasarkan 

Buatlah profile usaha atau produk semenarik mungkin di platform yang sudah dipilih. Tujuannya agar calon konsumen dapat memahami produk atau layanan yang ditawarkan. 


3. Membuat Konten Kreatif untuk Mencapai Target Pasar 

Anda dapat memulainya dengan melihat referensi dari pelaku usaha sejenis. Kemudian mengolah konten yang tepat untuk promosi produk Anda dengan ciri khasnya yang membedakan. Baca juga: Tips Bisnis Fashion Bisa Masuk Ekosistem Global dari Teten Masduki 


4. Membuat Promosi Menarik dan Memanfaatkan Momentum tertentu 

Harbolnas, Tahun Baru, dan banyak momentum khusus lain bisa jadi waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Menggunakan platform atau marketplace yang sudah dipilih, Anda dapat melakukan promo atau iklan momentum tersebut untuk menarik konsumen. Transformasi digital dapat dilakukan tanpa perlu merubah value yang dimiliki produk atau bisnis yang Anda miliki. Namun, langkah ini bisa jadi solusi bagi UMKM untuk bertahan di masa pandemi agar berkelangsungan panjang. 


Mengundang semua IT Infrastructure specialist untuk bisa hadir dalam webinar "Network Configuration, Why Important" - 07 Sep 2022, jam 14-15 WIB. Register di https://bit.ly/BBI7sep22

Sumber     : https://umkm.kompas.com/read/2022/09/05/161900883/pentingnya-transformasi-digital-pada-umkm-untuk-bisa-bertahan



Posting Komentar

0 Komentar