Perumda Subang dan Elnusa Teken Kerjasama Berbasis Internet of Things

 


PT Elnusa Tbk (Elnusa) dan afiliasinya bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (PERUMDA) Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) Teknologi Smart Retrofit.


Perjanjian Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) yang dilaksanakan di Sariater Hotel Resort, Ciater, Subang, Jumat (16/9/2022) ini ditandatangani oleh Direktur Pengembangan Usaha  PT Elnusa Tbk Ratih Esti Prihatini dan Direktur Utama PERUMDA Air Minum Tirta Rangga Kenny Kaparang.

Ceremonial kerjasama dihadiri oleh Direktur PT Sigma Cipta Utama (Anak Perusahaan PT Elnusa Tbk) Adi Yatama Adi Guna sebagai perwakilan PT Elnusa Tbk dan Jajaran Direksi Perumda Tirta Rangga Kabupaten Subang dengan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni

Sekedar informasi, Smart Retrofit yang dikembangkan oleh Elnusa ini merupakan jawaban dari tantangan industri di era 4.0. Sistem yang berbasis internet of things (IoT) ini merupakan solusi untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air serta memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah.

Smart Retrofit ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan air di Kabupaten Subang. Rencananya pengembangan teknologi Smart Retrofit akan berlangsung selama tiga bulan sejak penandatanganan Perjanjian Kerja Sama.

Direktur Pengembangan Usaha PT Elnusa Tbk Ratih Esti Prihatini di tempat terpisah menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan sinergi antara Pemerintah Daerah dan Perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pengembangan teknologi IoT yang kami lakukan merupakan kontribusi Elnusa dan afiliasinya untuk mendukung smart city di Indonesia dan pada khususnya di Kabupaten Subang, Jawa Barat.” Kata Ratih.
 
Ratih menambahkan bahwa teknologi IoT yang dikembangkan dapat memberikan keuntungan baik bagi PERUMDA sebagai penyedia distribusi air maupun bagi para pelanggan. Keuntungan yang di dapat dari sisi PERUMDA yakni, data pembacaan meter lebih akurat, realtime dan online, sehingga PERUMDA dapat memonitor dengan cepat apabila terjadi kehilangan air (Non Revenue Water) serta dapat terintegrasi dengan billing system yang ada.

Sedangkan dari sisi pelanggan, keuntungan yang didapatkan antara lain memperoleh tagihan yang lebih akurat, pelanggan dapat memonitor dan mengevaluasi penggunaan air. “Elnusa melalui solusi totalnya terus mengembangkan berbagai inovasi untuk meningkatkan kapasitas nasional. Teknologi Smart Retrofit L-NM merupakan solusi yang kami tawarkan untuk memudahkan pengelolaan suplai air ke pelanggan,” tambahnya.

Elnusa berkomitmen memberikan pelayanan melalui solusi total dalam mendukung program Pemerintah. Salah satunya yaitu dalam pengelolaan sumber daya air yang sekaligus memenuhi ekspektasi masyarakat, utamanya kepada perusahaan daerah.

Selian dengan Elnusa, Perumda juga melakukan penandatangan kerjasama dengan tiga perusahan lainnya, seperti n PT Kemala Inti Solusi kerjasama Assesment Sistem Informasi dan Rencana Sistem Informasi Terintegrasi, PT Cipta Tekindo Pramudira kerjasama Pengaplikasian Water Meter Token dengan Skema Proof of Concept.

Terakhir dengan PT Global Insight Utama (GIU) dan BUMD Subang Sejahtera kerjasama pengembangan pembangunan dan pengoprasian pendistribusian pabrik air minum dalam kemasan di Kabupaten Subang.

Direktur Utama Perumda, Keni Kaparang mengatakan penandatanganan nota kesepahaman antar Perumda Tirta Rangga dengan beberapa perusahaan ini bagian dari sinergi solusi menuju transformasi lebih baik dalam percepatan pengembangan SPAM dan kinerja Perumda Tirta Rangga.

“Yang kita kerjakan yakni ada beberapa inovasi baru, diantaranya ada tehnologi baru, yaitu tehnologi water meter. Kemudian ada juga air minum dalam kemasan, itu berpatner dengan PT Global Insight Utama,” katanya.



Halo Sobat Siber..

Webinar Road To National Cybersecurity Connect (NCC) 2022 dengan tema “Protecting the Data, Protecting the Future” merupakan salah satu agenda penting dalam rangkaian kegiatan menuju National Cybersecurity Connect 2022. 

Berikut surat undangan dan rundown acara yang dapat diunduh https://bit.ly/3DfZYOR

Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud mengundang Bapak/Ibu untuk hadir pada:


Hari & Tanggal    : Rabu, 21 September 2022

Waktu                    : 09.00 - 12.00 WIB

Platform                : Zoom Live Streaming


Informasi lebih lengkap dapat Bapak/Ibu temukan pada surat undangan resmi yang kami lampirkan.

Untuk konfirmasi kehadiran, silakan melakukan registrasi pada link berikut

https://s.id/webinar2_ncc2022

Besar harapan kami atas kehadiran Bapak/Ibu pada acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

National Cybersecurity Connect 2022



www.ncsc.co.id

Sumber     : https://tintahijau.com/megapolitan/ekbis/38862-perumda-subang-dan-elnusa-teken-kerjasama-berbasis-internet-of-things?start=1

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Sistem yang berbasis internet of things (IoT) ini merupakan solusi untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) perusahaan penyedia air serta memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah.

    BalasHapus