PLN Raih Penghargaan BUMN Terbaik dalam Transformasi Layanan Digital

 


PT PLN (Persero) meraih penghargaan sebagai The Best SOE ini Digital Service Transformation 2022 dalam perhelatan Infobank The Best State-Owned Enterprise Award 2022, Kamis (22/9). Penghargaan tersebut dinilai sebagai wujud transformasi yang dilakukan perseroan berjalan dengan baik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan penghargaan ini menjadi suatu kehormatan bagi seluruh Tim PLN. Ia juga menjelaskan PLN telah bertransformasi sejak dua setengah tahun yang lalu dan berinovasi serta efisiensi dengan menjadikan digitalisasi sebagai pondasinya.

"Karena transformasi di PLN ini, bukan saja hanya dilakukan oleh Dirut atau BOD saja. Tetapi oleh perjuangan seluruh pegawai PLN," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan digitalisasi yang dilakukan PLN telah menyentuh berbagai aspek, dimulai dari pembangkit, transmisi dan distribusi, sistem keuangan, sistem pengadaan, hingga pelayanan kepada pelanggan.

"Sistem pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal," ungkapnya.

Transformasi tersebut telah membuahkan hasil dan tercermin dari kinerja keuangan PLN yang menunjukkan peningkatan di tahun 2021. Bahkan, capaian tersebut menjadi yang terbaik sepanjang sejarah PLN. Ia juga menyampaikan pendapatan penjualan dan EBITDA mengalami peningkatan.

Tak hanya itu, biaya pokok penyediaan juga berhasil ditekan dan utang PLN telah dibayar lebih cepat. Hal tersebut membuat cost saving yang besar sampai lima tahun ke depan.

"Alhamdulillah juga, masyarakat menyambut perubahan kami. Dalam dua tahun ini pengguna PLN Mobile naik dari hanya puluhan ribu, menjadi 29 juta pengguna. Rating meningkat, dari hanya 2,5 menjadi 4,8. Salah satu yang terbaik di Asia Tenggara," ujar Darmawan.

Darmawan melanjutkan dalam proses transformasi PLN terdapat perubahan pada tata kelola, struktur, skillset, hingga core kompetensi yang bertujuan menjadikan PLN sebagai perusahaan forward looking.

"Basisnya adalah transformasi, yang mengakomodasinya adalah digitalisasi," katanya.





Ikuti Industrial Forum "Penerapan METAVERSE dalam pengembangan SMART CITY"

Dalam rangkaian Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) akan dibahas tema menarik mengenai METAVERSE. Bagaimana penerapannya di kota / kabupaten anda ?

Segera pastikan kehadiran anda di Kamis 6 Oktober 2022, jam 13-16 WIB, di Conference Room Hall A, Jakarta Convention Center. 


Daftarkan diri anda segera di www.iismex.com

Sumber     : https://news.detik.com/berita/d-6307083/pln-raih-penghargaan-bumn-terbaik-dalam-transformasi-layanan-digital


Posting Komentar

0 Komentar