Urgensi Transformasi Digital, Kunci Bisnis Naik Kelas

 

Dalam era digital saat ini, membangun bisnis tidak lepas dari peranan internet, digital marketing melalui media sosial, hingga membuka toko virtual di marketplace.

Presiden Joko Widodo pun telah menyampaikan arahan terkait percepatan transformasi digital UMKM Indonesia.

Target pemerintah mengharuskan 30 juta UMKM telah memiliki peran dan ruang dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

Maka dari itu, strategi untuk mempercepat digitalisasi bagi para pelaku UMKM harus terus digalakkan agar UMKM tidak hanya sekadar berdagang secara online, tapi juga mampu naik kelas di mana jangkauan pasar dan nilai transaksinya juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Sebagai salah satu ekosistem wirausaha terbesar di Indonesia, Diplomat Success Challenge juga kerap menjadi advokat bagi percepatan transformasi digital UMKM dan startup tanah air.

Edric Chandra selaku Program Initiator DSC mengungkapkan bahwa Iklim bisnis secara global dan nasional terus mengalami perkembangan dari hari ke hari.

“Diplomat Success Challenge sebagai sebuah ekosistem wirausaha terus catch-up dan kami menyoroti kebutuhan transformasi digital bagi bisnis, terutama bagi UMKM dan startup, sebagai hal yang cukup penting. Sejak dimulainya masa roadshow DSC 2022, kami tidak henti mengedukasi hal tersebut kepada calon peserta.” ujarnya.

Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya transformasi digital bagi UMKM agar bisnis cepat naik kelas:

1. Operasi bisnis lebih efektif dan efisien

Dari sisi pemasaran, melalui media online sebuah pemasaran akan lebih efektif karena perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta akan lebih efisien dalam hal waktu operasional dan biaya yang dikeluarkan.

Dari sisi pengembangan bisnis, saat beralih ke digital, perusahaan akan dapat memanfaatkan banyak data yang bisa dianalisis untuk pengembangan strategi pemasaran hingga peningkatan SDM perusahaan ke depannya.

2. Dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan

Dengan adanya bonus demografi yang terjadi di Indonesia, talenta digital dari generasi muda terus meningkat, sehingga sangat penting bagi bisnis untuk menyesuaikan produk, layanan maupun pemasarannya agar mudah diakses dan berinteraksi dengan basis konsumen muda saat ini.

3. Lebih adaptif dan siap berinovasi menghadapi perubahan

Di era yang bergerak serba cepat dengan teknologi, perubahan adalah hal yang tidak dapat dihindari.

Ilustrasi bisnis. DSC 2022 Tantang Calon Entrepreneur Bikin Bisnis Berkelanjutan
Ilustrasi bisnis. DSC 2022 Tantang Calon Entrepreneur Bikin Bisnis Berkelanjutan (Unsplash)

Apabila bisnis tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan teknologi, maka perusahaan akan tertinggal dan kehilangan daya saingnya.

Hal ini sudah terbukti pada beberapa perusahaan teknologi besar yang kehilangan pasarnya lantaran tidak bisa berinovasi mengembangkan kapabilitas teknologinya.





Strategi transformasi digital di industri manufactur akan membahasa berbagai macam topik di antaranya apa itu digital transformasion dan dampaknya bagi industri serta menyiapkan infrastructure teknologi untuk transformasi menuju industri 4.0. 

Temukan pembahasan lengkapnya dalam seminar offline pada :

Hari, Tanggal : Rabu, 14 September 2022

Jam : 13.00 - 17.00 WIB

Lokasi Acara : Hotel Grandsol Marina, Tangerang


Narasumber : 

1. Yoki Mulyadi Wijaya - B2B Sales Manager TPLink

2. Herry Rumawatine S.H, M.AP - Ketua APINDO Tangerang

3. Fanky Christian - Ketua APTIKNAS, Direktur PT. Daya Cipta Mandiri

4. Demi Heezen - Leadership Coach Excelent Founder Skill2max

5. Yolanda Roring - Moderator Founder Yorindo Communication


Daftarkan diri anda segara : https://bit.ly/DTFSmartManufacturing14Sept


Dapatkan Doorprize dan benefit seperti sertifikat, konsultasi dan souvenir.


#smartmanifacturing #strategitransformasi #manufacturing #infrastructurdigital #digitaltransformation #indonesia 4.0 #seminar #aptiknas #apindo #yorindo

Sumber     : https://www.tribunnewswiki.com/2022/09/08/urgensi-transformasi-digital-kunci-bisnis-naik-kelas

Posting Komentar

0 Komentar