2024 Jadi Ibu Kota Indonesia, Kenali Lagi Konsep Kota 10 Menit di IKN Nusantara

Video Desain Final Ibu Kota Baru Kalimantan
sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Cl688Lj-RWs&t=2s
https://www.smartcityindo.com/2023/01/2024-jadi-ibu-kota-indonesia-kenali.html


 TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah sedang gencar membangun berbagai infrastruktur di Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantar, Kalimantan Timur.

IKN Nusantara diharapkan sudah menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia, pada 2024 mendatang.

Selain sebagai Forest City, IKN Nusantara juga dirancang menjadi kota 10 menit.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono mengatakan, di Ibu Kota Nusantara nanti akan mengusung konsep Kota 10 Menit.

Nantinya, para penduduk yang tinggal di IKN untuk menempuh suatu tujuan hanya membutuhkan waktu 10 menit.

"Kita juga mempunyai konsep kota 10 menit atau ten minute cities. Apa itu ten minute cities?

Jadi dalam 10 menit orang itu sudah bisa mencapai beberapa tempat yang memang menjadi bagian dari kehidupan," kata Bambang secara virtual dalam acara Tanoto Scholars Gathering, Kamis (28/7/2022).

"Misalnya dalam 10 menit itu mereka bisa ke tempat satu point of transite dan bisa ditransportasikan ke tempat lain.

Jadi dalam 10 menit berjalan mereka sudah sampai di sana ataupun dalam 10 menit mereka dapat ke fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, dan fasilitas sehari-hari," jelas Bambang.


Bambang berharap, para penduduk di IKN yang berada di Kalimantan Timur nanti, meminimalisir penggunaan kendaraan dengan konsep Kota 10 Menit tersebut.

"Ini satu ekosistem atau hunian yang dalam 10 menit kita harapkan seseorang tidak perlu menggunakan kendaraan, cukup berjalan kaki saja untuk mencapai tujuan yang atau kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Sebelumnya, Bambang Susantono juga menggambarkan IKN yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, akan menjadi kota cerdas atau smart city nantinya.

Smart city IKN Nusantara nantinya akan dilengkapi berbagai fasilitas yang membuat penduduknya betah.

Mulai dari fasilitas tol bawah laut, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, hingga Disney Park.

Fasilitas tersebut nanti akan dibangun pada luas lahan total IKN sebesar 324.332 hektar, terdiri atas 256.142 hektar wilayah daratan dan 68.188 hektar wilayah perairan.

IKN Nusantara berada di antara Kota Balikpapan dan Samarinda, di sana pada 2045 mendatang diperkirakan 1,7 juta-1,9 juta penduduk akan menempati IKN. (*)


sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2023/01/03/2024-jadi-ibu-kota-indonesia-kenali-lagi-konsep-kota-10-menit-di-ikn-nusantara


Posting Komentar

0 Komentar