Apple dan Amazon Kehilangan Kapitalisasi US$ 800 Miliar pada 2022




 NEW YORK, investor.id – Perusahaan teknologi Apple dan Amazon kehilangan kapitalisasi pasar (market cap) hingga US$ 800 miliar pada 2022. Angka itu setara dengan pangsa pasar delapan Intel, 10 PayPal, 18 Snowflake, atau 49 Rivian.

Terkadang sedikit perspektif diperlukan untuk benar-benar menunjukkan besarnya statistik tertentu. Itulah yang terjadi dengan kerugian besar yang dihitung oleh Apple dan Amazon tahun lalu.

Kedua saham tersebut menjadi loser kapitalisasi pasar terbesar pada 2022. Apple kehilangan kapitalisasi pasar hingga US$ 846,34 miliar dan Amazon kehilangan US$ 834,06 miliar. Kapitalisasi pasar mengukur nilai gabungan dari semua saham perusahaan.

Nilai yang ditumpahkan oleh masing-masing dari kedua perusahaan tersebut mengerdilkan ukuran total saham teknologi rumah tangga lainnya. Bespoke Investment Group menyebut angka itu mengejutkan, dalam sebuah unggahan di media sosial Twitter.

Saham Amazon tenggelam karena pendapatan perusahaan menurun dan pedoman kuartal IV-2022 mengecewakan pasar. Kinerjanya sejalan dengan sektor teknologi secara lebih luas, yang dirugikan oleh kenaikan suku bunga, perlambatan iklan internet, dan faktor lainnya.

Meskipun menjadi salah satu dari sedikit nama perusahaan teknologi besar yang menghindari penurunan pendapatan, Apple masih dalam kesulitan. Pasalnya, perusahaan diserbu pertanyaan seputar popularitas produk barunya dan menghadapi kesulitan dengan pengiriman iPhone 14 selama musim liburan karena pembatasan Covid-19 di pabrik utama Tiongkok.

Titan teknologi pribadi itu juga juga telah memperlambat laju perekrutan, bersama dengan perusahaan lain di sektor ini. Kekhawatiran tumbuh atas potensi resesi, yang dapat melemahkan permintaan karena konsumen menunda pembelian barang-barang mahal untuk menghemat uang.

Saham Apple merosot 3,7% dalam perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), mencapai level terendah 52 minggu karena kapitalisasi pasarnya turun di bawah US$ 2 triliun untuk pertama kalinya sejak Mei 2022.

Tapi yang bisa hilang dalam data adalah seberapa besar kedua perusahaan ini di pasar saham. Ini dibandingkan dengan Platform Meta dengan kapitalisasi pasar akhir tahun US$ 315,56 miliar, nilai Amazon lebih dari dua kali lipat sebesar US$ 856,94 miliar. Pada 30 Desember, Apple beberapa kali lipat dari ukuran itu menjadi US$ 2,067 triliun.

Faktanya, apa yang ditumpahkan oleh masing-masing dari dua saham tersebut dalam satu tahun saja lebih dari dua kali lipat ukuran kapitalisasi pasar lengkap Meta.

Kerugian US$ 830 miliar itu saja setara dengan kapitalisasi pasar 10 PayPal, delapan Intel, 18 perusahaan data komputasi awan Snowflake, atau 49 perusahaan manufaktur dan teknologi otomotif Rivian.

sumber : https://investor.id/international/318207/apple-dan-amazon-kehilangan-kapitalisasi-us-800-miliar-pada-2022

Posting Komentar

0 Komentar