Basis Data Cloud Jadi Solusi Tepat Selesaikan Permasalan IT


 Perusahaan dari semua skala bisnis saat ini sedang mencari cara yang tepat untuk memodernisasi pekerjaan mereka. Munculah basis data cloud sebagai elemen penting dalam tumpukan teknologi transformasi digital. Memiliki basis data cloud yang tepat dapat membantu menangani berbagai aplikasi yang diandalkan perusahaan dan aplikasi yang mereka bangun, dari cloud hingga seluler dan edge.

Bagi perusahaan yang bercita-cita untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan lebih personal, penggunaan DBaaS (basis data sebagai layanan) harus menjadi pertimbangan utama.

Ravi Mayuram (CTO Couchbase) menyampaikan Hal yang mendasar untuk kebutuhan ssebuah bisnis adalah sebuah transformasi pada arah investasi digital. Deloitte melaporkan bahwa di Asia Pasifik, layanan cloud akan menyumbang USD160 miliar bagi perekonomian dari tahun 2020 hingga 2024, di berbagai industri. Laporan yang sama juga menggarisbawahi bahwa adopsi cloud di kawasan Asia Pasifik akan memengaruhi industri secara berbeda yang tergantung investasi digital saat ini, tingkat gangguan, dan intensitas persaingan di masing-masing industri.

Sekitar 54% perusahaan di Asia mengutamakan dan berfokus pada teknologi cloud untuk fase pertumbuhan berikutnya, sehingga mereka dapat memanfaatkan data yang dimiliki sebaik-baiknya dan memperluas model bisnis yang sudah ada.

“Perusahaan benar-benar bergantung pada basis data untuk mengimbangi dunia yang semakin hari berubah menjadi serba digital. Vendor ritel mewah Prancis, misalnya, sekarang dapat memberikan penawaran yang lebih banyak dan melakukan transaksi daring yang lebih cepat, menciptakan pengalaman yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara memberi para tenaga penjual akses langsung ke katalog produk mereka,” Ungkap Ravi.

Ravi juga memberikan contoh, sebuah perusahaan pakaian dan ritel global penyedia mode premium yang memiliki lebih dari 1.800 toko ritel di seluruh dunia dapat meluncurkan ruang digital pamerannya untuk kepentingan pameran (showroom) dengan kekuatan berbasis data cloud. Teknologi basis data yang skalanya dapat ditingkatkan memastikan kinerja yang tinggi, ketersediaan secara luring, dan sinkronisasi data langsung untuk pengalaman ruang digital pameran yang stabil sehingga dapat berjalan dengan lancar meskipun tanpa internet sekalipun.

Contoh nyata lainnya adalah, sebuah maskapai penerbangan internasional dengan lebih dari 40.000 staf yang terdiri dari awak darat, awak pesawat, pengatur jadwal, dan divisi lainnya mengoperasikan lebih dari 1,5 juta penerbangan setiap tahun.

Mereka telah mendigitalkan seluruh proses mulai dari pemesanan tiket, penjadwalan penerbangan, dan operasi darat dengan memodernisasi tumpukan mereka di basis data cloud yang membentang dari cloud ke edge.

Proses digitalisasi ini memungkinkan kru darat mereka yang berada di landasan berkolaborasi dan bekerja bahkan tanpa konektivitas internet dengan adanya sinkronisasi data perangkat-perangkat sederhana. Perubahan tersebut tidak hanya membantu seluruh operasi tetapi juga mengurangi waktu yang diperlukan untuk memesan tiket dan pada saat yang sama menurunkan biaya konektivitas dan jaringan secara substansial bagi perusahaan.

Dengan menggunakan kemampuan edge dan cloud dalam basis data cloud, maskapai ini telah mendigitalisasi proses pemeriksaan prapenerbangan dengan menyinkronkan data di seluruh tablet staf secara langsung, bahkan saat gawai tersebut terputus koneksi internetnya.

Perusahaan perlu berkembang pada skala yang terus meningkat, namun hal ini membuthkan lebih banyak data, lebih cepat, dan lebih banyak kontak pelanggan. IDC memperkirakan bahwa akan ada 41,6 miliar perangkat IoT, atau “benda”, yang terhubung, yang menghasilkan 79,4 zettabytes (ZB) data pada tahun 2025.

Satu-satunya cara untuk mengikuti pertumbuhan akan kebutuhan data yang semakin cepat ini adalah dengan memiliki basis data cloud yang dapat menangani data dalam jumlah besar dan dapat melakukannya dengan sangat gesit dan jeda waktu tunggu yang singkat.

sumber : https://infokomputer.grid.id/read/123676425/basis-data-cloud-tepat-jadi-solusi-bisnis-selesaikan-permasalan-it?page=2

Posting Komentar

0 Komentar