Ibu Kota Nusantara (IKN) Diserbu 70 Investor!


 JAKARTA, investor.id – Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkapkan, sebanyak 70 perusahaan telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi dalam pembangunan IKN.

Ada beberapa sektor yang potensial. Ini termasuk transportasi, pendidikan, energi baru dan terbarukan (EBT), industri pertanian berkelanjutan, teknologi kota cerdas, dan sebagainya.

”Hingga saat ini, lebih dari 70 perusahaan swasta telah mengirimkan letter of intent ke Otorita IKN dan menyatakan minatnya untuk berinvestasi di IKN. Ini termasuk 11 pernyataan dari perusahaan Malaysia yang baru-baru ini disampaikan pada kami di hadapan Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam keterangan tertulis, Senin (23/1/2023).

Menurut dia, sebesar 80% dari anggaran pembangunan ibu kota baru tersebut akan dibiayai swasta. Saat ini, IKN telah masuk daftar Proyek Strategis Nasional. Pemerintah menargetkan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia di IKN pada 17 Agustus 2024.

Pemerintah memahami pentingnya kepastian hukum bagi investor. Saat ini, IKN telah memiliki payung hukum yang kuat, sehingga rencana pembangunannya dipastikan terus berlanjut.

”Melihat perkembangan ini, saya yakin IKN akan terus menarik banyak investor dari dalam negeri maupun mancanegara,” tutur Bambang.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan, investor seharusnya mau menanamkan modalnya di IKN, karena potensi IKN sebagai pusat ekonomi baru di Indonesia. Dia mencontohkan para investor yang menanamkan modalnya di BSD beberapa tahun silam, dan sekarang mereka sudah menikmati hasil investasinya.

”Hal yang paling penting buat investor adalah pemerintah harus bisa menunjukkan adanya kepastian dalam berinvestasi di IKN,” pungkas Piter.

Dia menegaskan, kepercayaan investor akan meningkat apabila pembangunan infrastruktur mulai terlihat. Beberapa infrastruktur yang telah selesai 100% adalah jalan lingkar Sepaku 1, 2, dan 3. Pembangunan gedung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan juga telah dimulai, termasuk Istana Kepresidenan, Kantor Presiden, dan Sekretariat Presiden. Di sisi lain, tiga investor swasta telah mendapatkan letter to proceed untuk mulai membangun 184 tower hunian bagi ASN.

”Jika fisik gedung-gedung lembaga pemerintah sudah jadi, saya yakin investor akan berdatangan ke IKN,” ujar Piter.

sumber : https://investor.id/business/319718/ibu-kota-nusantara-ikn-diserbu-70-investor

Posting Komentar

0 Komentar