Jakarta Terus Bergerak Menjadi Smart City, Ada Kemudahan Daftar Rusunawa


 Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Jakarta Smart City (JSC) terus berupaya menghadirkan inovasi dan program pengembangan ekosistem kota cerdas (smart city), salah satunya melalui transformasi digital dengan memanfaatkan data.

Menurut Kepala BLUD Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha, untuk membantu pengelolaan data master yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Smart City mengimplementasikan prinsip Master Data Management.                                                             

“Metode ini memungkinkan proses pengumpulan dan pembersihan data-data yang tersebar di berbagai instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk kemudian menjadi sumber data terpusat yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengembangan inovasi dan kebijakan,” ujarnya.

Berbagai pengembangan pada platform Cepat Respon Masyarakat (CRM) seperti dashboard gubernur juga dilakukan untuk memudahkan gubernur memantau proses tindak lanjut laporan dari seluruh OPD secara real-time. Selain itu website sistem CRM juga diperbaharui agar lebih informatif dalam melacak, memantau, dan menanggulangi laporan permasalahan yang diadukan oleh warga Jakarta.

Selain itu juga masih ada dashboard Profil 360 warga kelurahan yang dikembangkan untuk dapat menggambarkan kondisi sosial ekonomi pada suatu wilayah kelurahan di DKI Jakarta. Dashboard ini dibangun berdasarkan konsep lima variabel sosial ekonomi yaitu pendidikan, kesehatan, demografi, perumahan, dan kesejahteraan rumah tangga. Harapannya, pemerintah setempat dapat mengetahui statistik warga dan mengambil kebijakan berdasarkan data yang tersedia.

Jakarta Smart City mengembangkan pula fitur identitas digital untuk warga pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Jakarta yang disematkan ke dalam aplikasi JAKI secara native. Beberapa informasi penting yang dapat diakses oleh warga Jakarta seperti bantuan pendidikan, kesehatan (vaksinasi dan bantuan kepesertaan jaminan kesehatan), bantuan sosial untuk anggota keluarga, bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), bantuan penerimaan manfaat pangan bersubsidi, serta informasi rumahh susun sewa (rusunawa) berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Inovasi dan program yang kami jalankan selama ini adalah hasil dari sinergi yang telah berjalan baik antara warga dan pemerintah. Kami akan terus berupaya dalam membantu mewujudkan kota yang bisa memudahkan segala aspek kehidupan bagi para warganya.” pungkas Yudhistira.

sumber : https://www.rumah.com/berita-properti/2023/1/207800/jakarta-terus-bergerak-menjadi-smart-city-ada-kemudahan-daftar-rusunawa

Posting Komentar

0 Komentar