Layanan dan Produk Inovatif Widya Robotics

 

NIKEL.CO.ID, 31 Januari 2023-Widya Robotics hadir berawal dari satu keyakinan bahwa kehidupan manusia dan bisnis harus lebih mudah dengan menerapkan teknologi berbasis data terkini. Sebagai bagian dari Grup Widya Indonesia, Widya Robotics menawarkan rangkaian produk dan layanan inovatif yang didukung oleh kecerdasan buatan, otomatisasi, dan teknologi robotika untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis mereka.

CEO Widya Robotics, Alwy Herfian Satriatama menyebutkan, layanan dan produk inovatif Widya Robotics, antara lain Widya Load Scanner. Alat ini menggunakan teknologi laser scanner untuk mengukur volume material yang diangkut oleh truk, dum truck, forklift, dan lain-lain di lokasi konstruksi. Volume material dapat dipantau lebih cepat, real-time, lebih efisien dan efektif dibandingkan metode pengukuran manual.

Widya Load Scanner merupakan alat pengukur inovatif yang praktis dengan menggunakan teknologi light radar, sehingga dapat memberikan akurasi diatas 95% dalam mengukur volume. Hasilnya bisa langsung dipantau di dashboard secara real-time,” kata Alwy.

Dengan menggunakan teknologi light radar, alat ini mampu menjadi solusi mengukur volume muatan truk cepat dan anti curang. Alat ini menawarkan teknologi pengukur muatan truk dengan cara yang lebih praktis. LiDAR sebagai sensor utama akan melakukan scanning pada permukaan bidang dari material atau objek muatan truk yang diukur. Setelah diukur, operator dengan mudah mendapatkan hasil penghitungan di layar dashboard.

Widya Robotics juga telah memprodusi Widya Load Scanner Portable untuk memudahkan pengguna memindahkan Load Scanner dari satu area ke area lain. Dengan terobosan ini, efektivitas kerja dalam pengukuran material dapat dilakukan dengan lebih mudah dan fleksibel.

Produk kedua adalah Gas Monitoring. Alwy menerangkan, alat ini berfungsi terutama digunakan untuk mendeteksi gas di terowongan. Gas Monitoring juga dapat diterapkan di banyak industri lainnya, seperti konstruksi dan migas.

“Alat ini juga dapat mendeteksi debu, LEL, dan berbagai deteksi gas, seperti karbon monoksida, hidrogen sulfida, dan oksigen,” jelasnya.

Selanjutnya Widya Robotic menyediakan layanan WiBridge atau jembatan timbang, yang merupakan salah satu infrastruktur vital dalam kegiatan usaha dan pengendalian transportasi darat. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengawasan dan pengendalian transportasi yang melebihi ketentuan.

Kehadiran WiBridge melalui pengembangan sarana dan prasarana dengan teknologi, dapat diandalkan untuk membantu proses-proses yang selama ini masih manual. Teknologi ini mampu menyusun suatu sistem untuk mengotomatisasi sistem penimbangan beban.

Manfaat WiBridge, menurut Alwy, yaitu lebih menghebat biaya, mencegah terjadinya kecurangan, meningkatkan keamanan, proses penimbangan secara cepat, dan pelaporan dapat dilakukan secara langsung.

Produk inovatif lainnya adalah Vision Intelligence untuk deteksi Alat Pelindung Diri (APD). Vision Intelligence merupakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang memanfaatkan data visual melalui kamera. Alat ini dapat secara otomatis memeriksa kelengkapan penggunaan APD, suhu tubuh, dan identifikasi wajah pekerja konstruksi sebelum memasuki area konstruksi. 

Alwy mengungkap, pekerja yang tidak menggunakan atribut APD lengkap, suhu tubuh tinggi, dan wajah tidak terdaftar akan teridentifikasi oleh sistem Intelligent Gate, kemudian pintu penghalang barrier gate tidak akan dibuka. (Adv)

sumber : https://nikel.co.id/layanan-dan-produk-inovatif-widya-robotics/

Posting Komentar

0 Komentar