Peneliti Kembangkan Robotic Gripper dengan Fungsi Rekonfigurasi


Liputan6.com, Jakarta -
 Para peneliti dari Bio-Inspired Robotics and Design Laboratory di Singapore University of Technology and Design telah mengembangkan robotic gripper yang dapat dikonfigurasi ulang (rekonfigurasi). Gripper itu mampu meraup, mengambil, dan menggenggam berbagai barang.

Kemampuan gripper yang komprehensif dan adaptif membuatnya sangat berguna dalam industri logistik dan makanan di mana mereka bergantung pada otomatisasi robot untuk memenuhi permintaan yang meningkat dalam pengambilan dan pengepakan barang secara efisien.

Gripper ini dapat menyendok nasi secara andal dengan jari-jari sekecil 1,5 milimeter, juga memilih item setipis 300 mikron seperti kartu nama atau manual instruksi tipis dari permukaan datar.

Ia juga dapat menangkap benda besar cembung, tidak cembung, dan dapat berubah bentuk seperti melon, kotak sereal, atau tas isi ulang deterjen yang beratnya dapat mencapai 1,4 kg.

Dibandingkan dengan gripper kaku tradisional, gripper lunak ini menggunakan aktuator lunak yang sesuai dan bahan hiperelastis fungsional. Itu memungkinkan untuk menangkap rentang geometri yang lebih luas dengan aman dan andal.

Selain itu, tingkat kebebasan dan kepatuhan yang tinggi dari gripper ini memungkinkan beberapa mode genggaman, meskipun strategi kontrol di bawah aktuasi dan terlalu disederhanakan.

Walau lebih menguntungkan dibandingkan rekan-rekan mereka kaku, kemampuan gripper lunak seperti upaya kontak sebagian besar merupakan konsekuensi dari ruang kerja gripper, yang didefinisikan sebagai rentang posisi yang dapat dijangkau robot untuk berinteraksi dengan lingkungan fisiknya. Ini, pada gilirannya, sebagian besar dibatasi oleh desain gripper.

sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5179869/peneliti-kembangkan-robotic-gripper-dengan-fungsi-rekonfigurasi

Posting Komentar

0 Komentar