Saham Microsoft Tertinggal Dibandingkan Perusahaan Big Tech Lainnya


 Microsoft Corp (MSFT.O) saat ini telah mengungguli rekan-rekan teknologi besar di bursa Amerika Serikat pada hari Rabu, 4 Januari 2023.

Hal ini terjadi dikarenakan saham Microsoft harus mengalami penurunan hingga 5,3% menyusul penurunan peringkat oleh broker UBS di tengah kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan untuk layanan cloud dan Office suite.

Setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan pesat dalam bisnis cloud yang menjadikan Microsoft sebagai kesayangan investor, raksasa perangkat lunak yang dipimpin Satya Nadella ini sekarang berjuang melawan pengeluaran yang lebih rendah oleh bisnis yang terhuyung-huyung dengan meningkatnya biaya pinjaman.

Unit cloud Azure Microsoft "memasuki perlambatan pertumbuhan yang tajam yang bisa terbukti lebih buruk di FY23/FY24 daripada yang dimodelkan investor," analis utama Karl Keirstead memperingatkan, menambahkan pasar bisa mencapai kejenuhan.

UBS menurunkan saham menjadi "netral" dari "beli" dan memangkas target harga sebesar $50 menjadi $250. Itu lebih rendah dari rata-rata $290 dan peringkat "beli" rata-rata dari lebih dari 50 analis, menurut data Refinitiv

Pemasok Apple, Foxconn, mengatakan produksi saat ini sudah dapat terbilang pulih meskipun pendapatan harus mengalami penurunan. Saham Microsoft mencapai level terendah hampir dua bulan di $226, menjadikannya pecundang terbesar pada indeks benchmark S&P 500.

Itu telah kehilangan 29% dari nilainya pada tahun 2022, tetapi mengungguli rekan-rekan Teknologi Besar seperti Alphabet Inc (GOOGL.O) dan Amazon.com Inc (AMZN.O) di tahun yang suram untuk sektor yang sensitif terhadap suku bunga.

Penurunan pengeluaran untuk perangkat lunak perusahaan dari pemotongan biaya perusahaan dan pemotongan pekerjaan juga dapat membebani bisnis Microsoft Office 365 tahun ini, kata Keirstead. "Kami tidak terlalu percaya pada saham (pada penilaian saat ini) untuk melihat banyak (jika ada) ekspansi ganda," katanya.

Saham Amazon juga turun 2% setelah UBS menurunkan target harga saham menjadi $125 dari $165 karena kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan cloud.

sumber : https://koran-jakarta.com/saham-microsoft-tertinggal-dibandingkan-perusahaan-big-tech-lainnya?page=2

Posting Komentar

0 Komentar